Kusumayanti, Ni Kadek Devi and Elfarosa, Ketut Vini and Putrana, I Wayan (2022) Analisis Efektivitas Penanganan Kredit Bermasalah Pada Kredit KPR Bank BRI Kantor Cabang Denpasar Renon Di Masa Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744002_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744002_0003127605_0002125703_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pada umumnya, permasalahan yang terjadi di perbankan adalah adanya Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah. Hal ini juga terjadi di Bank BRI Kanca Denpasar Renon khususnya pada kredit KPR. Terlebih di masa pandemi yang mempengaruhi ekonomi debitur untuk membayarkan kewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah pada kredit KPR Bank BRI Kanca Denpasar Renon di masa pandemi COVID-19, untuk mengetahui penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR Bank BRI Kanca Denpasar Renon di masa pandemi COVID-19, serta mengetahui apakah pelaksanaan penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR yang dilakukan Bank BRI Kanca Denpasar Renon sudah efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan Teknik analisis data menggunakan pendekatan Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini selanjutnya menganalisis pelaksanaan penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR yang dilakukan Bank BRI Kanca Denpasar Renon dengan indikator efektivitas menurut Sogan P. Siagian (2020). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor terjadinya kredit bermasalah faktor eksternal meliputi resiko bisnis, bencana alam dan non alam, Iktikad tidak baik dari debitur, dan faktor internal yakni over crediting, kekeliruan analisis, dan adanya rasa iba terhadap debitur. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR di masa pandemi COVID-19 dilakukan dengan cara restrukturisasi kredit sesuai dengan peraturan perundang-undangan perbankan dan peraturan internal bank yang berlaku. Sehinga dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penanganan yang dilakukan Bank BRI Kanca Denpasar Renon sudah efektif untuk menekan jumlah kredit bermasalah di bawah ambang batas yang ditetapkan Bank Indonesia. Kata Kunci: Efektivitas, Penanganan Kredit Bermasalah, KPR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Kadek Devi Kusumayanti |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:02 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:02 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1419 |
Actions (login required)
View Item |