Kusumayanti, Ni Kadek Devi and Elfarosa, Ketut Vini and Putrana, I Wayan (2022) Analisis Efektivitas Penanganan Kredit Bermasalah Pada Kredit KPR Bank BRI Kantor Cabang Denpasar Renon Di Masa Pandemi COVID-19. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744002_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (387kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744002_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (277kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilaksankan ialah agar tahu faktor yang jadi penyebab adanya kredit yang memiliki masalah dikredit KPR Bank BRI Kanca Denpasar Renon di masa pandemi COVID-19, juga agar tahu penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR Bank BRI Kanca Denpasar Renon di masa pandemi COVID-19, serta mengetahui apakah pelaksanaan penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR yang dilakukan Bank BRI Kanca Denpasar Renon sudah efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah. Di penelitian memakai metode kualitatif dengan Teknik analisis data menggunakan pendekatan Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini selanjutnya menganalisis pelaksanaan penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR yang dilakukan Bank BRI Kanca Denpasar Renon dengan indikator efektivitas menurut Sondang P. Siagian (2020). Dari hasil penelitian memperlihatkan jika factor penyebab terjadinya kredit bermasalah faktor eksternal meliputi resiko bisnis, bencana alam dan non alam, itikad tidak baik dari debitur, dan faktor internal yakni over crediting, kekeliruan analisis, kemudian untuk penanganan kredit bermasalah pada kredit KPR di masa pandemi COVID-19 dilakukan dengan cara restrukturisasi kredit sesuai aturan undang-undang perbankan dan internal bank yang berlaku. Sehingga dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penanganan yang dilakukan Bank BRI Kanca Denpasar Renon sudah efektif untuk menekan jumlah kredit bermasalah di bawah ambang batas yang ditetapkan Bank Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Kadek Devi Kusumayanti |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:03 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1426 |
Actions (login required)
View Item |