Gayatri, Ni Luh Nyoman Sasmita (2024) Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Fringe Benefit Karyawan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644141_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2015644141_0016106407_0022066108_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644141_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pada pandemi Covid-19 ini kondisi perekonomian yang belum stabil mempengaruhi banyak aspek. Omzet perusahaan mengalami penurunan, pendapatan masyarakat berkurang, kesempatan kerja menurun, tingkat pendidikan masyarakat susah dijangkau karena ketiadaan biaya pendidikan. Tentu dalam perpajakan akan sulit bagi masyarakat untuk berperilaku patuh, bahkan mungkin wajib pajak bersedia dikenakan sanksi pajak yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman peraturan perpajakan, kualitas pelayanan, fringe benefit terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Lokasi penelitian ini di KPP Madya Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi pada KPP Madya Denpasar dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini adalah pemahaman peraturan perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, fringe benefit berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kepatuhan wajib pajak orang pribadi dipengaruhi oleh pemahaman peraturan perpajakan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan fringe benefit (X3) adalah sebesar 59%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Luh Nyoman Sasmita Gayatri |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 10:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 10:26 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14294 |
Actions (login required)
View Item |