Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Gayatri, Ni Putu Laksmi Novia Ning (2024) Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654056_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2015654056_0021126503_0009016205_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (854kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654056_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman peraturan perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Barat. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis Google Form yang terdiri dari 22 pernyataan terkait variabel penelitian, yang diukur menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan bobot skor. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sah dan dapat diandalkan. Validitas diuji dengan membandingkan nilai R hitung dengan R tabel, sementara reliabilitas diuji menggunakan nilai Cronbach Alpha. Hasil uji menunjukkan bahwa seluruh instrumen penelitian valid dan reliabel. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS, mencakup uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji asumsi klasik lainnya untuk memastikan kelayakan model regresi yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman peraturan perpajakan tidak berpengaruh signifikan sedangkan sosialisasi perpajakan, dan sanksi pajak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan WPOP. Secara simultan, ketiga variabel independen ini berkontribusi positif terhadap peningkatan kepatuhan pajak. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan perpajakan, khususnya dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui peningkatan edukasi, sosialisasi, dan penegakan sanksi yang aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Laksmi Novia Ning Gayatri
Date Deposited: 12 Sep 2024 12:07
Last Modified: 12 Sep 2024 12:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item