Putri, Ni Nyoman Regina Jana (2024) Pelayanan Guest Check-in Diamond Member oleh Front Desk Agent di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823161_0001056408_0015096308_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (651kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823161_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam Pelayanan Guest Check-In Diamond Member Oleh Front Desk Agent di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, maka dapat disimpulkan bahwai front desk agent dalam melayani tamu membership check-in terlebih Diamond Member haruslah memiliki kemampuan dalam melayani tamu baik dari segi komunikasi, penguasaan computer terutama sistem yang digunakan di hotel, penampilan yang rapi, bersih dan mampu melayani tamu secara professional. Sesuai SOP. Adapun tahapan yang harus dilalui sebagai berikut yang pertama Tahap persiapan, yaitu persiapan diri, persiapan operasional peralatan, dan persiapan dokumen. Pada tahap kedua adalah Tahap Pelaksanaan, yaitu menyambut tamu, memperkenalkan diri dan mempersilahkan tamu duduk, memberikan welcome drink, front desk agent akan meminjam identitas diri tamu, memeriksa dan melakukan konfirmasi terhadap reservasi tamu, melengkapi registration card, memproses deposit dan other expenses, memberikan kunci kamar, menjelaskan fasilitas hotel, dan mengantar tamu kekamar. Dan pada Tahap akhir, setelah menyelesaikan proses check-in untuk tamu, maka beberapa hal yang perlu dilakukan oleh front desk agent adalah melengkapi proses check-in yaitu; melakukan update data tamu melalui OPERA System, melakukan update guarantee deposit, mengisi tanggal dan nama registration card dan memasukkan registration card tamu ke dalam docket. Adapun kendala-kendala dalam Pelayanan Guest Check-In Diamond Member Oleh Front Desk Agent di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort yaitu Kesalahan pada penanganan jenis kamar tamu dan Pelayanan saat check-in terlalu lamban.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guest check-in, diamond member, front desk agent |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Nyoman Regina Jana Putri |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:20 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14372 |
Actions (login required)
View Item |