Adenia, Ni Putu Syahda (2024) Implikasi Harga dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Melakukan Perawatan Mobil di Bengkel Auto2000 Sanur. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744002_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2015744002_0019056004_0027086808_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744002_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan industri otomotif di Indonesia menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang otomotif untuk memulai bisnisnya di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan ketatnya persaingan di bidang otomotif, termasuk industri perbengkelan di Indonesia. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan sangat penting bagi industri perbengkelan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan unggul dalam persaingan. Maka dari itu, dilakukan penelitian mengenai implikasi harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan perawatan mobil di bengkel Auto2000 Sanur pada tahun 2023. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pelanggan dengan kendaraan yang tidak termasuk kedalam paket service manapun. Proses pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner ke 389 pelanggan yang sesuai dengan kriteria sampel secara online melalui media sosial dan dengan bantuan dari rekan sales serta booking service Auto2000 Sanur. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas layanan memiliki implikasi yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Besar pengaruh dari harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan adalah 86,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | harga, kualitas layanan, loyalitas pelanggan, bengkel |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Putu Syahda Adenia |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:03 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:03 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14430 |
Actions (login required)
View Item |