Aditya, Komang Hary (2024) Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengoperasian Meeting Room System di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713172_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713172_0001048404_0031126240_part.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul” STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENGOPERASIAN MEETING ROOM SYSTEM DI PT ANGKASA PURA I BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI” Dengan perkembangan teknologi di era globalisasi ini penggunaan ruang pertemuan atau meeting room sangat penting bagi sebuah perusahaan ruang pertemuan sering digunakan untuk rapat, presentasi, pelatihan, dan berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan anggota tim atau peserta dari unit yang berbeda. Penggunaan meeting room yang efisien dan efektif sangatlah penting untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan kegiatan bisnis. Namun, seringkali pengelolaan meeting room di banyak organisasi/perushaan masih dilakukan secara manual. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kesulitan dalam mengatur jadwal penggunaan ruangan, bentroknya jadwal, atau bahkan penggunaan ruang yang tidak efisien. Selain itu, kurangnya transparansi dalam penggunaan meeting room juga dapat menyebabkan konflik dan ketidakpuasan di antara pengguna ruangan.Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, diperlukan sebuah sistem yang dapat mengelola penggunaan meeting room secara efisien dan efektif. Dengan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) diharapkan dapat membuat arus kerja yang lebih baik, menjadi panduan bagi pegawai dan umum dalam mempermudah pengawasan serta menghasilkan koordinasi yang baik antar departemen dalam perusahaan. PT Angkasa Pura I adalah bagian dari Injourney yang bergerak di bidang pengelolaan bandara, PT Angkasa Pura I dikenal juga dengan Angkasa Pura Airports merupakan perusahaan sebagai pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia bermula sejak tahun 1962. Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu dari 15 bandara yang dikelola oleh PT.Angkasa Pura I. Di Gedung Wisthi Sabha Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai terdapat salah unit yaitu Unit General Service yang bertugas sebagai pengadaan barang dan jasa selain bertugas sebagai pengadaan unit ini juga bertugas untuk membooking dan menyiapkan ruaang meeting. Meeting Room System yang terdapat di PT.Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai berisi informasi mengenai tanggal, jam, nama ruangan, dan nama unit yang sudah memboking ruang rapat.Unit – unit lain selain General Service di PT.Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai tidak dapat membooking ruang rapat sendiri sehingga harus melaluli unit General Servie terlebih dahulu hal ini membuat ketidak lancaran proses pemesanan ruang rapat beserta fasilitasnya yang penting guna mencegah terjadinya tumpang tindih atau tindak saling serobot dalam penggunaan ruang rapat. Dengan adanya SOP , dapat dihindari ketidakjelasan atau konflik yang timbul dalam penggunaan ruang rapat, sehingga memastikan setiap kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dari penjelasan di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengoperasian Meeting Room System di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai” Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengoperasian Meeting Room System di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | standar operasional prosedur, pengoperasian meeting room system, pt angkasa pura I |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Komang Hary Aditya |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:17 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:17 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14752 |
Actions (login required)
View Item |