Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak di Daerah Kabupaten Badung

Tena, Ni Made Nita Tiara (2024) Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak di Daerah Kabupaten Badung. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654044_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654044_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_62303_2015654044_0014097703_0024066408_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pajak daerah berdampak signifikan terhadap peningkatan PAD Kabupaten Badung. Keberhasilan mencapai target penerimaan pajak daerah dianggap sebagai indikator efektivitas dan efisiensi dalam proses pemungutan pajak. Penting untuk mengevaluasi efisiensi penerimaan pajak daerah, yang merujuk pada penggunaan biaya yang minimal untuk mencapai target penerimaan. Penulis melakukan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksplanatori bertujuan untuk menguji teori atau hipotesis yang sudah ada. Penelitian kuantitatif yang didasarkan pada positivisme digunakan untuk memeriksa populasi atau sampel tertentu untuk memverifikasi hipotesis yang digunakan, mengumpulkan data dengan alat penelitian, dan kemudian melakukan analisis kuantitatif atau statistik. Penelitian ini menggunakan 93 orang responden yang merupakan wajib pajak di Kabupaten Badung. Jumlah responden terpilih berdasarkan perhitungan dengan rumus slovin dari total 1.275 wajib pajak di Kabupaten Badung. Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, apabila seorang petugas pajak memiliki kehandalan tinggi dalam memberikan pelayanan pajak maka tingkat kepuasan wajib pajak di Kabupaten Badung juga akan meningkat. Ketanggapan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, apabila seorang petugas pajak tanggap dalam melayani wajib pajak maka tingkat kepuasan wajib pajak juga akan meningkat. Jaminan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak apabila seorang petugas pajak mampu menjamin pelayanan yang tepat waktu dan memberikan jaminan atas legalitas pelayanan maka kepuasan wajib pajak juga akan meningkat karena pelayanan yang diterima. Kompetensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Empati memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: "Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak di Daerah Kabupaten Badung". Kata Kuncinya adalah kepuasan, kualitas layanan, wajib pajak
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Ni Made Nita Tiara Tena
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:56
Last Modified: 13 Sep 2024 07:56
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item