Artadi, I Putu Ocki (2024) Implementasi Green Hotel dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office di Hotel Innside By Melia Yogyakarta. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2315854056_0031126475_0025056408_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (929kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_2315854056_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2315854056_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi green hotel pada front office departement di INNSiDE by Melia Yogyakarta secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi kualitas pelayanan hotel. Perangkat kerja berupa barcode tersebut seharusnya membantu tugas dan tanggung jawab karyawan front office department di INNSIDE by Melia Yogyakarta tentunya dengan kinerja yang baik dari tiap karyawan yang sedang ditugaskan pada setiap shift kerja. Namun, masih ditemukan komentar-komentar negatif pada halaman google review dari wisatawan yang sudah pernah menginap di INNSIDE by Melia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui implementasi konsep green hotel pada Front Office Department di INNSiDE by Melia Yogyakarta dan Untuk mengetahui implementasi green hotel dalam kualitas pelayanan pada front office department di INNSiDE by Melia Yogyakarta yang perlu ditingkatkan. Berlandaskan teori Implementasi, Green Hotel, Kualitas Pelayanan dan Front Office Department. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, kuisioner dan studi pustaka. Menggunakan teknik analisis data gap analysis dan Importance Perfomance Analysis. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dari jumlah populasi adalah 1173 wisatawan yang menginap di INNSiDE by Melia Yogyakarta. Hasil penelitian ini implementasi konsep green hotel pada front office department di INSSiDE by Melia Yogyakarta yang terpenuhi antara lain ; mempunyai lahan hijau dengan tanaman lokal, terdapat fasilitas pejalan kaki dari lobby hotel menuju fasilitas umum, pencahayaan alami dengan design lobby yang menggunakan full kaca, menggunakan peralatan penerangan hemat energi berbasis LED di lobby hotel, himbauan tertulis ini berisi ajakan untuk ikut dalam pelestarian lingkungan dengan menghemat penggunan air, menggunakan kertas hvs yang sudah digunakan saat pelayanan terhadap wisatawan sebagai note, mempunyai plafond yang tinggi dan sistem ventilasi mekanis dari atas dan menggadakan acara rutin setiap 6 bulan yaitu ‘Cleaning The Our Home’. Implementasi green hotel dalam kualitas pelayanan pada front office department di INNSiDE by Melia Yogyakarta adalah kemudahan membuang limbah padat di lobby dengan pemberian tanda ‘organik’ dan ‘non-organik’, kampanye tertulis terkait penghematan air tetapi tetap menjamin kebersihan sprei dan handuk dan sirkulasi udara di lobi terjamin dengan system ventilasi mekanis dari atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | green hotel, front office department, kualitas pelayanan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Putu Ocki Artadi |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:40 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 02:41 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14999 |
Actions (login required)
View Item |