Pelayanan Transaksi Antar Bank Melalui Warkat Kliring Pads PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Pembantu Abiansemal

Elina, Ni Putu Yessi and Wijayati, Ni Luh Made and Saputra, Upayana Wiguna Eka (2022) Pelayanan Transaksi Antar Bank Melalui Warkat Kliring Pads PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Pembantu Abiansemal. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713072_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713072_NIDN1_NIDN2_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Semakin meningkatnya transaksi keuangan khususnya dalam sistem pembayaran secara tunai yang harus membutuhkan banyak uang kartal maupun giral. Maka dari itu untuk menanggulangi dan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran bank indonesia menyelenggarakan sistem kliring antar bank. PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Pembantu Abiansemal sebagai salah satu peserta kliring membantu kelancaran program yang telah dibentuk oleh Bank Indonesia dengan menyediakan pelayanan jasa kliring. Dalam lalu lintas pembayaran pembayaran tunai dan non tunai tidak dapat dipisahkan jaman sekarang ini banyak sekali nasabah yang menggunakan pembayaran non tunai dibandingkan tunai karena pembayaran tunai lebih beresiko dibandingkan pembayaran non tunai dimana adanya pemalsuan uang, pencurian dan perampokan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pelayanan transaksi antar bank melalui warkat kliring pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Pembantu Abiansemal dan untuk mengetahui kendala-kendala dan solusi dalam memenuhi pelayanan transaksi antar bank melalui warkat kliring pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Cabang Pembantu Abiansemal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengkaji fenomena-fenomena aktual yang terjadi di lapangan. Adapun prosedur pelayanan melalui warkat kliring yaitu dimulai pihal teller yang menerima warkat (BG) dan slip setoran, lalu dibawa ke pihak CS/staff kliring, pihak staff kliring akan memeriksa penulisan pada BG dan slip setoran, melakukan encode pada BG, menginput data pada sistem, mencetak bukti kliring, lalu bukti penyerahan kliring dibubuhi cap bukti penyerahan kliring, stempel dan paraf, setelah itu berangkat ke BI untuk menyetorkan warkat kliring. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu hal operasional, jaringan tidak stabil, nasabah yang tidak bisa menulis, saldo nasabah yang tidak cukup, penulisan yang kurang jelas dan adanya ketidaksesuain data. Adapun solusi untuk menghadapi kendala-kendala yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kapasitas jaringan wifi dan menyediakan hot-spot pribadi dan mengecek dan memastikan kebenaran data dan penulisan. Kata Kunci : Perbankan, Transaksi Warkat Kliring, Prosedur Pelayanan transaksi warkat kliring

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Putu Yessi Elina
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:09
Last Modified: 05 Oct 2022 12:34
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item