Analisis Pelaksanaan Penilaian Kinerja Karyawan pada The Kayon Valley Resort

Rosari, Ni Putu Fristilla (2024) Analisis Pelaksanaan Penilaian Kinerja Karyawan pada The Kayon Valley Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_201574413_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2015744139_0007036508_0009098804_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (496kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744139_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian kinerja karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem penilaian kinerja karyawan di The Kayon Valley Resort, apakah sudah sesuai dengan sistem penilaian kinerja karyawan yang efektif serta melihat dampaknya terhadap kepuasan kerja serta loyalitas karyawan. Serta penulis akan mengembangkan sebuah model penilaian kinerja karyawan yang efektif digunakan untuk The Kayon Valley Resort. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah kepada 5 orang karyawan yang berperan sebagai karyawan dalam resort. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui sistem pelaksanaan penilaian kinerja karyawan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penilaian kinerja yang diterapkan di The Kayon Valley Resort belum cukup baik, karena masih menggunakan penilaian dari satu arah penilai saja. Dan masih terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki, seperti kejelasan kriteria penilaian dan konsistensi dalam pemberian feedback. Faktor-faktor yang paling mempengaruhi kinerja karyawan antara lain adalah lingkungan kerja, pelatihan dan pengembangan, serta komunikasi antara manajemen dan karyawan. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyarankan agar manajemen The Kayon Valley Resort meningkatkan transparansi dan konsistensi dalam proses penilaian kinerja, serta menyediakan program pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan dan motivasi karyawan. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta lingkungan kerja yang lebih produktif dan harmonis yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan kepada tamu yang menginap disana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penilaian kinerja, karyawan, kepuasan kerja, loyalitas karyawan, the kayon valley resort.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Fristilla Rosari
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:47
Last Modified: 19 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item