Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Front Office di K Club Ubud Bali

Dewi, Ni Nyoman Angelica Kerta and Darlina, Lien and Nadra, Nyoman Mastiani (2022) Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Front Office di K Club Ubud Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834055_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - BAB 1, BAB 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834055_0008126605_0025116207_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi green practice dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan front office department di K Club Ubud Bali dan untuk mengetahui indikator-indikator pelayanan green practice yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan kualitas pelayanannya dari departemen kantor depan di K Club Ubud Bali. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang dibagikan kepada responden. Kuesioner diolah dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan servqual test (quality of service) dan critical performance analysis (IPA) untuk teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan green practice telah dilakukan secara optimal, hal ini terlihat dari hasil penerapan kegiatan 3R. Pelaksanaan green practice juga sudah terlaksana dengan baik yang dapat dijelaskan dari hasil servqual test, dimana gap skor servqual test berupa delapan indikator pertanyaan menghasilkan tujuh gap positif dan satu gap negatif di departemen front office K Club Ubud Bali. Sementara itu, hasil IPA menunjukkan bahwa ada satu indikator yang perlu ditingkatkan dan ada satu indikator yang perlu dijaga oleh front office K Club Ubud Bali yakni dalam aspek kualitas layanannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Nyoman Angelica Kerta Dewi
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:57
Last Modified: 19 Sep 2022 01:57
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item View Item