Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan E-Wallet PosPay di Kantor Pos Surabaya 60000

Aini, Clariza Lutfattul and Putrana, I Wayan and Sanjaya, Ida Bagus (2022) Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan E-Wallet PosPay di Kantor Pos Surabaya 60000. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713021_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713021_0002125703_0030076308_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (816kB)

Abstract

Pada era digital seperti saat ini Sistem pembayaran di dunia telah mengalami evolusi perubahan. Saat ini sistem pembayaran modern sudah memasuki era Keuangan Digital dengan moda pembayaran menggunakan Electronic Money (E - money) atau dapat disebut juga sebagai Mobile Money atau Mobile Payment, di Indonesia dikenal juga dengan istilah Dompet Digital atau Electronic Wallet. Bank Indonesia mencatat presentase volume transaksi non tunai di Indonesia tumbuh sebesar 20,62 % selama lima tahun terakhir hal ini tentunya telah menggeser penggunaan transaksi uang tunai di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persaingan E-Wallet PosPay serta faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan E-Wallet PosPay. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pos Surabaya 60000 menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah responden sebesar 100 karyawan dan sampel 50 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, butir pertanyaan diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 5 faktor yaitu kualitas pelayanan, promosi, citra merek, word of mouth, dan kualitas produk berdominasi sangat kuat terhadap keputusan penggunaan E-Wallet. Dimana terdapat 3 faktor yang berpengaruh sangat signifikan terhadap keputusan penggunaan yaitu faktor promosi, word of mouth, dan kualitas produk. Sedangkan untuk faktor kualitas pelayanan sangat berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan. Untuk faktor citra merek sendiri tidak berpengaruh dan tidak signifikan dalam keputusan penggunaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Clariza Lutfattul' Aini
Date Deposited: 28 Sep 2022 13:00
Last Modified: 28 Sep 2022 13:00
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1646

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item