Analisis Pelayanan Pembukaan Rekening Secara Online (Digital Saving) Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Gianyar

Pratiwi, Kadek Nanda Widya and Yasa, I Ketut and Adnyana, Ida Bagus Artha (2022) Analisis Pelayanan Pembukaan Rekening Secara Online (Digital Saving) Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Gianyar. Repositori Politeknik Negeri Bali. (Unpublished)

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744088_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744088_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (96kB)
Official URL: http://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pelayanan pembukaan rekening secara online (digital saving) terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Gianyar. Penelitian dilakukan selama 3 bulan, mulai bulan Maret samai Mei 2022 pada bagian frontliner PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Gianyar. Metode penelitian ini digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil Analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa total nilai keseluruhan pada MIS yaitu 109.03, lalu untuk nilai keseluruhan MISS yaitu 105.13. Untuk total nilai keseluruhan pada WF sudah mencapai angka maksimal yaitu 100. Sedangkan untuk nilai Weight total (WT) keseluruhan yaitu sebesar 438.05. Dan hasil akhir pengukuran Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu 87.61%. Dari hasil tersebut didapatkan hasilnya bahwa tingkat kepuasan nasabah berada pada rentang 81% - 100% yang berarti, indeks kepuasan nasabah BRI Cabang Gianyar berada pada kriteria sangat puas. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pelayanan pembukaan rekening secara online (digital saving) terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Gianyar sudah efektif. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu pada dimensi kehandalah atau realibility. Berdasarkan demensi tersebut pada pernyataan bank bebas dari rekaman kesalahan, maka Bank BRI Cabang Gianyar harus lebih memperhatikan kepercayaan yang diberikan oleh nasabah. Dengan nasabah dapat menaruh kepercayaan yang lebih kepada bank, hal ini akan berdapak pada meningkatkan pelayanan yang diberikan serta peningkatan transaksi sehingga kepuasan nasabah dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Kadek Nanda Widya Pratiwi
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:41
Last Modified: 29 Sep 2022 01:47
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item View Item