Penanganan Bali Meeting Package Tour Lunbeck Export Group oleh Operation Staff pada PT Dwidaya Wisata Indonesia

Indrayani, Kadek Onik and Budiasa, I Made and Budiarta, I Putu (2022) Penanganan Bali Meeting Package Tour Lunbeck Export Group oleh Operation Staff pada PT Dwidaya Wisata Indonesia. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_1915813018_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_1915813018_0031126375_0022126307_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (498kB)

Abstract

Penyelenggaraan paket tour yang dilakukan pada PT. Dwidaya Wisata Indonesia berdasarkan proses penanganan standard operating procedure yang telah dibuat sebagai acuan untuk menjalankan penanganan. Adapun dalam menjalankan program tour beberapa paket yang sangat diminati oleh wisatawan yaitu Bali Meeting Package Tour yang mana paket ini ditujukan kepada wisatawan yang akan menyelenggarakan pertemuan dan melakukan perjalanan wisata setelah tujuan awal bisa diselesaikan (bekerja), sehingga disajikan dengan kebutuhan wisatawan yang memerlukan paket ini dengan itinerary wisata yang cocok untuk dipadukan dalam tour ini. Dalam program tour ini ada beberapa kendala yang dihadapi dimana beberapa penanganan tour yang masih perlu diperbaiki, baik dalam penanganan oleh operation staff dan bidang lainnya yang berkaitan dengan program ini seperti, penanganan dalam penjemputan yang dimana beberapa wisatawan mengajukan complaint akibat keterlambatan, selain itu adanya wisatawan yang tidak sesuai jadwal itinerary kerena ingin berlama-lama dalam objek wisata, sehingga menyebabkan keterlambatan waktu berkunjung ke objek wisata. Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat dikemukakan rumusan permasalahan yang dibahas dalam pembuatan laporan tugas akhir ini yaitu 1. Bagaimana Penanganan Bali Meeting Package Tour Lunbeck Export Group Oleh Operation Staff pada PT. Dwidaya Wisata Indonesia? 2. Apa saja kendala - kendala yang dihadapi dalam Penanganan Bali Meeting Package Tour Lunbeck Export Group Oleh Operation Staff pada PT. Dwidaya Wisata Indonesia dan bagaimana cara mengatasinya? Adapun beberapa landasan teori yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah : Pengertian Biro Perjalanan Wisata, Operation, Guide, Tour & Jenis-jenis Tour, Paket tour & Jenis-jenis paket tour, Transfer In & Transfer Out, Itinerary, Penanganan, Pemesanan serta Wisatawan. Gambaran Umum dari Perusahaan PT Dwidaya Wisata Indonesia ini berlokasi di Jl. By Pas Ngurah Rai No 100 Ruko Kuta Megah Blok B Tuban-Bali. PT. Dwidaya World Wide merupakan sebuah perusahan travel agent yang bergerak di bidang pariwisata, berdiri sejak tahun 1967. Salah satu anak cabangnya yang berada di Bali yaitu PT. Dwidaya Wisata Indonesia yang telah berdiri sejak 10 Oktober tahun 2001. PT. Dwidaya Wisata Indonesia bergerak dibidang pelayanan jasa untuk wisatawan yang berasal dari mancanegara. Produk – produk yang dijual berupa inbound tour, pemesanan hotel, pelayanan tour guide, pelayanan paket tour. Adapun kasus yang diangkat dalam pembahasan ini adalah penanganan wisatawan group atas nama : Name of Group : Lunbeck Export Group Total Pax : 19 Orang Arrival : 24 Januari 2022 Flight No : QG 682 Time : 07.55-10.50 Departure : 28 Januari 2022 Flight No : QG 689 Time : 18.05-19.05 Hotel : Hard Rock Berikut merupakan tahap – tahap yang dilakukan oleh operation staff dalam menangani group ini adalah 1. Tahap Persiapan, seperti persiapan diri dan persiapan operasional 2 tahap pelaksanaan seperti, menerima file berupa final confirmation dan pax list, memasukkan data wisatawan pada daily movement dan melakukan pemesanan penunjang tour ( menentukan tour guide, persiapan transportasi) setelah itu guide dan operation staff akan menjemput tamu tersebut ke bandara dan menjalankan tour sesuai dengan program tour yang telah disepakati. 3. Tahap Akhir, seperti pelaporan tour guide apa saja yang dilakukan pada saat tour berlangsung dan setelah pelaporan guide selesai dilakukan, operation staff akan membuat guide fee report. Fee report ini dibuat setelah guide menyetor semua tiket masuk ke objek- objek wisata yang dikunjungi beserta karcis parkirnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Kadek Onik Indrayani
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:13
Last Modified: 20 Sep 2022 02:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item View Item