Penanganan Turndown Service pada Kamar Strand Villa oleh Room Attendant di The St. Regis Bali Resort

Putra, I Nyoman Duyantara and Suja, I Ketut and Ruki, Made (2022) Penanganan Turndown Service pada Kamar Strand Villa oleh Room Attendant di The St. Regis Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full text)
RAMA_93402_1915823081_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823081_0031126475__0006106208_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (313kB)

Abstract

The St. Regis Bali Resort merupakan salah satu hotel bintang 5 yang dibangun dikawasan pariwisata Nusa Dua dan terletak di deretan pantai Geger yang memiliki 123 kamar terdiri dari 81 suites, 41 villas, 1 residences diatas tanah seluas 8,8 hektar. Di dalam sebuah hotel terdapat departemen-departemen yang mempunyai fungsi untuk menunjang dan mengelola operasional hotel agar dapat berkaitan sehingga struktur tersebut memberikan pelayanan yang baik. The St. Regis Bali Resort terbagi menjadi beberapa departemen yaitu Housekeeping Department, Front Office Department, Food and Beverage Department, Engineering Department, Human Resources dan Accounting Department.Turdown Service oleh Room Attendant pada Hotel St Regis Bali Resort harus mengetahui prosedur turndown yang benar untuk mencapai hasil yang maksimal. Berdasarkan pembahasan pada bab IV di atas, maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut, Turdown Service oleh Room Attendant di Villa Strand pada Hotel The St Regis Bali Resort Tahap persiapan Persiapan yang dilakukan pertama yaitu persiapan diri sesuai standar groaming di The St Regis Bali Resort yang kemudian diikuti dengan menyiapkan peralatan yang akan digunakan pada saat turdown service seperti: aminities box, es cube box, face towel, mop eco clean, room attendant report, rubbish bag, soil hamper, menyiapkan towel, dan guest supplies.Tahap pelaksanaan ​di mulai dari memeriksa room attendant report, memeriksa status kamar Do Not Disturb (DND) memasuki kamar tamu jika tidak ada DND sign, menekan bell. Selanjutnya room attendant membuka pintu secara perlahan-lahan jika tamu berada di dalam kamar, room attendant menanyakan kepada tamu apakah kamar boleh di turndown service atau tidak, jika tamu mengizinkan, room atendant langsung melakukan open bed sesuai dengan standar operasional prosedur di St Regis Bali Resort.Tahap akhir ​Yang bertujuan untuk mengecek kembali dan memastikan tidak ada yang terlupakan dan sesuai dengan standar set-up di St Regis Bali Resort, matikan lampu dan tutup curtain atau tirai jendela, berpamitan dengan tamu jika ada tamu di dalam kamar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Nyoman Duyantara Putra
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:41
Last Modified: 30 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item