Pratami, Tjokorda Rania and Dewi, Nyoman Indah Kusuma and Yudistira, Cokorda Gede Putra (2022) Efektivitas dan Efisiensi Penerapan Sistem Antrian Berbasis Online (SpeedID) Dalam Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19 Pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Klungkung. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744008_Artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (216kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744008_Pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pelaksanaan riset ini mempunyai tujuan supaya melaksanakan analisis seberapa jauh efektivitas serta efisiensi penerapan Sistem Antrian Berbasis Online (SpeedID) dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan dalam era pandemi Covid-19 di Bank BPD Bali Cabang Klungkung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berpendekatan studi kasus. Penghimpunan data dil-aksanakan menggunakan teknik mewawancarai, pengamatan, serta dokumentasi. Informan wawancara meliputi pihak internal (peg-awai) dan eksternal (nasabah) Bank BPD Bali Cabang Klungkung. Analisis data dilakukan dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan menggunakan teknik pattern matching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas dan efisiensi pen-erapan Sistem Antrian Berbasis Online (SpeedID) dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan di masa pandemi Covid-19 pada Bank BPD Bali Cabang Klungkung belum berjalan maksimal. Hal ini diakibatkan oleh masih terganggunya kelancaran program dan pencapaian tujuan yang diakibatkan oleh berbagai macam hambatan seperti gangguan sistem atau jaringan, masih banyaknya nasabah pengguna antrian manual, dan estimasi waktu yang sering terabaikan. Dengan adanya hambatan tersebut, menyebabkan optimalisasi penggunaan waktu nasabah dan kemudahan akses layanan melalui Sistem Antrian Berbasis Online (SpeedID) belum dirasakan secara menyeluruh. Selain itu, diperlukan adanya perbaikan dari segi layanan seperti peningkatan kemampuan dan disiplin kerja pada Unit Teller, serta mengkaji ulang pengadaan sarana prasarana dan pengaturan ruang khususnya di ruang tunggu luar dan parkiran nasabah. Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Kualitas Pelayanan, SpeedID
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Tjokorda Rania Pratami |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:33 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:33 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1766 |
Actions (login required)
View Item |