Cahyani, Ni Made Rizky Rahma Cahyani and Sudana, I Made and Dwijayanti, Ni Made Ayu (2022) Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Bersaing pada Kantor Konsultan Pajak IB Suadmaya. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62401_1915613038_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (972kB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62401_1915613038_0028126106_0024027908_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (342kB) |
Abstract
Perusahaan memerlukan strategi dalam pengembangan kelangsungan usaha dan menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi bersaing perusahaan dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta menentukan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Konsultan Pajak IB Suadmaya. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang merupakan karyawan dari Kantor Konsultan Pajak IB Suadmaya cabang Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT yaitu analisis SAP, analisis ETOP, diagram analisis SWOT, dan matrik SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, analisis SAP perusahaan berada pada posisi persaingan unggul (dominant) dengan memperoleh nilai sebesar 4,46 dan untuk analisis ETOP perusahaan berada pada posisi usaha spekulatif dengan nilai analisis EOE sebesar 4,65 dan analisis ETE sebesar 4,05. Hasil diagram analisis SWOT menunjukan perusahaan berada pada kuadran I (strategi agresif) yang artinya perusahaan memiliki kekuatan untuk memanfaatkan peluang sebagai upaya mendorong kemajuan perusahaan. Maka untuk matrik SWOT Kantor Konsultan Pajak IB Suadmaya dapat menerapkan strategi SO, seperti: membuat kreasi dan inovasi promosi perusahaan dengan mengikuti perkembangan jaman pada media sosial, memberikan penghargaan atau hadiah sebagai bentuk rasa apresiasi kepada karyawan, mengatur program liburan karyawan, memastikan untuk selalu jujur, terbuka, dan bertanggungjawab dengan klien, berdiskusi secara baik dengan klien apabila terdapat perselisihan atau kesalahpahaman dan menjadi pendengar yang baik untuk keluhan klien, serta mendukung SDM apabila ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Made Rizky Rahma Cahyani |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:45 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:45 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1785 |
Actions (login required)
View Item |