Strategi Green Marketing dalam Upaya Meningkatkan Revenue pada InterContinental Bali Resort

Kusmaiwadi, Arbi and Astawa, I Ketut and Susanto, Budi (2022) Strategi Green Marketing dalam Upaya Meningkatkan Revenue pada InterContinental Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834160_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834160_0021076107_0025096002_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari strategi green marketing dalam upaya meningkatkan revenue pada InterContinental Bali Resort. Melalui penelitian ini diharapkan mendapatkan strategi green marketing yang efektif untuk diterapkan oleh sales & marketing department dalam upaya meningkatkan revenue dan dapat diterapkan oleh sales & marketing department dalam melakukan pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, studi kepustakaan dan focus group discussion (FGD). Adapun teknik analisis yang digunakan yakni Analisis Deskriptif Kuantitatif, Analisis Deskriptif Kualitatif, Matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS), Matriks Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS), Matriks Internal - Eksternal (IE), Analisis SWOT dan Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi green marketing dalam upaya meningkatkan revenue pada InterContinental Bali Resort. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, yang menjadi kekuatan utama adalah InterContinental Bali Resort dengan konsep Intercontinental Life Style dengan brand promise pengalaman dengan pelayanan profesional yang berkualitas. Sedangkan yang menjadi kelemahan utama yaitu kebersihan dan penampilan hotel yang belum terjaga karena masih mengalami proses renovasi pada beberapa area. Berdasarkan analisis matriks EFAS, diketahui bahwa yang menjadi peluang utama keamanan kawasan hotel dan lingkungan sekitar sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi tamu yang menginap. Sedangkan yang menjadi ancaman utama yaitu banyaknya pesaing di kawasan Jimbaran serta tipe kamar dan harga yang bervariasi dari pesaing. Berdasarkan hasil penelitian Matriks IE, menempatkan perusahaan pada posisi Growth Strategic (Sel I). Analisis SWOT menghasilkan 14 alternative strategy strategi green marketing. Dari ke 14 strategi tersebut, terdapat 3 strategi green marketing yang menjadi prioritas serta telah dihitung melalui Matriks QSPM dengan total TAS sebesar 503,08 Meningkatkan kegiatan promosi secara rutin dengan digital marketing yang mendukung green marketing. 494,57 Meningkatkan kerjasama dengan OTA dan Third Party dalam melakukan promosi dan penjualan. 490,16 Memanfaatkan kualitas fasilitas yang mendukung keramahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Arbi Kusmaiwadi
Date Deposited: 21 Sep 2022 22:31
Last Modified: 29 Sep 2022 22:39
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item