Mekanisme Pelayanan Pelanggan Dalam Pemeliharaan APP Dengan Menggunakan Sistem AP2T PT.PLN (Persero)ULP Denpasar

Antari, Ni Wayan Nadia and Gede, I Gusti Ketut and Lasmini, Ni Ketut (2022) Mekanisme Pelayanan Pelanggan Dalam Pemeliharaan APP Dengan Menggunakan Sistem AP2T PT.PLN (Persero)ULP Denpasar. Repositori Politeknik Negeri Bali..

[img] Text (Artikel)
RAMA_63411_1915713086_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_63411_1915713086_0008126111_0016126505_PART.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penerapan teknologi banyak digunakan oleh para pengusaha. karena kebutuhan efisiensi waktu dan biaya yang menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menggunakan teknologi informasi dalam lingkungan kerjanya. PT PLN memiliki aplikasi sebagai bentuk penerapan teknologi dalam lingkungan kerja yang memudahkan karyawan dalam mengerjakan tugasnya aplikasi tersebut adalah Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) aplikasi yang meningkatkan pelayanan pelanggan, pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung pelayanan pelanggan yang dimana pemanfaatan teknologi informasi digunakan sebagai alat pemberdayaan, standarisasi operasi.Dengan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) pelanggan PLN seluruh Nusantara akan dilayani secara terpusat dan terstandarisasi sehingga dapat dipastikan perlakuan pelanggan PLN sama di seluruh Indonesia dan terlayani sepenuhnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu teknik analisis yang menguraikan dan menjelaskan secara lengkap tentang masalah yang diteliti berdasarkan data dan keterangan keterangan yang didapat selama melakukan penelitian dengan teknik pengumpulan melalui studi lapangan meliputi observasi dan wawancara Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan mekanisme yang telah dibuat oleh PT PLN pada pemeliharaan alat pembatas dan pengukur (APP) sangat membantu pelayanan pelanggan berjalan dengan baik, adanya sistem aplikasi pelayanan pelanggan terpusat membuat proses pelayanan berjalan secara terpusat dan terstandarisasi yang dimana memudahkan petugas untuk melayani masyarakat yang memerlukan perbaikan Alat Pembatas dan Pengkur (APP). Berdasarkan penelitian dan kesimpulan tersebut penulis mengajukan saran-saran mekanisme menggunakan sistem aplikasi tersebut sangat membantu PT PLN dalam menyelesaikan keluhan-keluhan pelanggan, tetapi dalam sistem tersebut perlu ditambahkan menu auto save, karena aplikasi tersebut tak jarang keluar dengan sendiri nya maka dari itu data dan nomor agenda tidak tersimpan dan harus mengulang dari awal agar mendapatkan nomor agenda yang baru untuk melanjutkan proses administrasi. Kata Kunci : PLN, Teknologi, Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T), Mekanisme,Alat Pembatas dan Pengukur (APP).

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Wayan Nadia Antari
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:16
Last Modified: 29 Sep 2022 02:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item