Strategi Promotion Mix Dalam Mempertahankan Loyalitas Para Tenant Pada PT ITDC Nusantara Utilitas

Wahyuni, Dewa Ayu Made Ema and Sanjaya, I Nyoman Suka and Suryaniadi, Sagung Mas (2022) Strategi Promotion Mix Dalam Mempertahankan Loyalitas Para Tenant Pada PT ITDC Nusantara Utilitas. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744139_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (78kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93309_1815744139_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (193kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promotion mix dalam mempertahankan loyalitas para tenant pada PT ITDC Nusantara Utilitas. Penelitian dilakukan selama 6 bulan, mulai dari bulan Agustus 2021 sampai dengan bulan Febuari 2022 pada divisi General Admin-istration PT ITDC Nusantara Utilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa strategi promotion mix yang digunakan oleh perusahaan adalah periklanan (advertising), hubungan masyarakat (public relation), promosi penjualan (sales promotion), event dan pemasaran langsung (direct selling). Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi periklanan dari perusahaann menggunakan media sosial dan media massa. Pada hubungan masyarakat perusahaan menerapkan pendekatan secara langsung antara tenant dengan hubungan masyarakat melalui tenant relations. Hubungan masyarakat juga didukung oleh manajemen komplain dalam mengatasi keluhan dari ten-ant. Dalam strategi promosi penjualan perusahaan lebih menekankan kepada komunikasi dan insentif yang memberikan informasi dan memberikan harga yang kompetitif. Pada strategi event perusahaan berusaha aktif dalam berbagai acara dengan menjadi penyelenggara untuk menyediakan air bersih. Pemasaran langsung yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan cara turun langsung ke lapangan atau biasa disebut dengan customer visit. Karena dengan menggunakan teknik customer visit langsung mendapatkan tanggapan dari tenant dan mendapatkan loyalitas dari tenant. Kata Kunci: Promotion mix, Tenant, Loyalitas

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Dewa Ayu Made Ema Wahyuni
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:21
Last Modified: 29 Sep 2022 02:21
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1858

Actions (login required)

View Item View Item