Pembersihan Occupied Room pada Saat Pandemi oleh Room Attendant di The St. Regis Bali Resort

Handayani, Ni Kadek Ayu Trisna and Jendra, I Wayan and Dewi, Ni Wayan Sintya (2022) Pembersihan Occupied Room pada Saat Pandemi oleh Room Attendant di The St. Regis Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823129_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover, bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823129_0025016005_0002049602_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (365kB)

Abstract

Occupied room adalah kamar yang sedang di tempati oleh seseorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel. Berdasarkan pembahasan pada Bab IV, mengenai Proses Pembersihan Occupied Room di The St. Regis Bali Resort, penulis dapat memaparkan beberapa kendala yang dihadapi oleh para room attendant, beserta cara mengatasinya: 1.Tahapan penangangan Occupied room Penanganan occupied room oleh para room attendant di The St. Regis Bali Resort melalui empat tahapan, yaitu: a.Tahap Persiapan adalah tahapan awal yang terdiri dari melakukan absensi, memperhatikan penampilan, dan persiapan kerja atau mempersiapkan alat. b.Tahap morning briefing adalah tahapan yang berfungsi untuk memberi dan menerima informasi yang terjadi dihotel. c.Tahap pelaksaan yang terdapat teknik dan proses pembersihan occupied room yang berbeda dari pembersihan biasa seperti: celling dusting, mental polishing, vacuuming, dan foot step cleaning. d.Tahap akhir adalah tahap yang bertujuan untuk merawat dan menyimpan alat – alat yang telah digunakan. 2.Kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya Kendala yang dihadapi oleh para room attendant dalam membersihkan occupied room yaitu: a.Kurangnya perhatian pada saat melakukan proses pencucian linen yang mengakibatkan linen spot atau rusak. Hal ini bertujuan agar tidak sering terjadinya kekurangan linen yang membuat proses pembersihan menjadi lama. b.Kurangannya pada saat set up linen di pantary. Hal ini sering terjadi dikarenakan runner yang set up linen di pantry sering diperbantukan di section public area.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Ayu Trisna Handayani
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:55
Last Modified: 21 Sep 2022 07:55
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item