Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention Karyawan di The St. Regis Bali Resort

Oktarini, Ni Komang Dewi and Waciko, Kadek Jemmy and Wajdi, Majid (2022) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention Karyawan di The St. Regis Bali Resort. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_9330_1815744038_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744038_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (413kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja secara parsial dan simultan terhadap turnover intention. Lokasi dan populasi dalam penelitian ini adalah karyawan The St. Regis Bali Resort. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, angket, observasi dan wawancara. Jumlah sampel sebanyak 185 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif melalui metode analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas untuk menguji kelayakan instrumen penelitian dan uji asumsi klasik. Untuk mencari semua hasil teknik analisis ini dibantu dengan SPSS versi 26. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) gaya kepemimpinan berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention, dimana diperoleh nilai t-hitung – 3,446 dan signifikansi 0,001. (2) kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention, dimana diperoleh nilai t-hitung -7,544 dan signifikansi 0,000. (3) Secara simultan gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja berpengaruh signfikan terhadap turnover intention, dimana diperoleh nilai F hitung 107,047 dan signifikansi 0,000. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah The St. Regis Bali Resort diharapkan selalu menjadi penengah dan membantu mencarikan solusi apabila terjadi konflik antar karyawan, serta pemimpin The St. Regis Bali Resort diharapkan selalu mendengarkan aspirasi dari bawahan dalam pengambilan keputusan, selain itu diharapkan dapat memperbaharui fasilitas kerja yang sudah tidak layak, memberikan kompensasi yang sesuai, menyediakan lingkungan kerja yang nyaman dan memberikan beban kerja yang sesuai dengan kemampuan karyawan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Komang Dewi Oktarini
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:49
Last Modified: 28 Sep 2022 04:18
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item