Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Mempertahankan Customer Loyalty Tabungan Simpedes Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Ubud

Saravian, Ida Ayu Putu Kartika Dewi and Lasmini, Ni Ketut and Artatanaya, I Gusti Lanang Suta (2022) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Mempertahankan Customer Loyalty Tabungan Simpedes Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Ubud. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713041_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713041_0016126505_0020046804_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Menelisik pada tuntutan dunia bisnis yang berkembang begitu kuat dan ketat mengharuskan bank untuk fokus kepada strategi sebagai upaya mencegah nasabah beralih kepada pesaing. BRI Cabang Ubud senantiasa mengekspresikan komitmennya dengan memberikan layanan perbankan terbaik bagi nasabah dengan memahami dan mengikuti apa yang menjadi kebutuhan serta keinginan nasabahnya melalui penerapan konsep Customer Relationship Management (CRM) sehingga menyokong kekuatan BRI untuk memperkokoh serta mengoptimalkan customer loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi dan mengetahui dampak dari penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Mempertahankan Customer Loyalty Tabungan Simpedes Pada BRI Kanca Ubud. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi selama peneliti menjalankan PKL, wawancara yang dilakukan dengan beberapa staff BRI Kanca Ubud, serta dokumentasi sebagai pelengkap data seperti company profile dan dokumentasi selama penerapan CRM. Hasil dari penelitian tersebut memberikan fakta bahwa BRI Kantor Cabang Ubud menerapkan implementasi CRM, yaitu melalui proses mengumpulkan data nasabah, menganalisis mengidentifikasi data nasabah sasaran, mengembangkan program CRM, serta mengimplementasikan program CRM. BRI Kanca Ubud melaksanakan 3 tataran CRM yang masuk ke dalam bagian proses implementasi CRM, antara lain CRM Strategis, CRM Operasional, kemudian CRM Analitis. Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), customer loyalty, pemasaran, bauran promosi (promotional mix), basis data

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ida Ayu Putu Kartika Dewi Saravian
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:35
Last Modified: 29 Sep 2022 02:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item