Sari, Ni Made Dita Ayu Purnama and Suja, I Ketut and Jendra, I Wayan (2022) Penanganan Settlement of Guest Account pada Saat Check Out oleh Guest Service Agent di Hotel Anantara Uluwatu Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823050_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823050_0031126475_0025016005_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (772kB) |
Abstract
Anantara Uluwatu merupakan salah satu hotel bintang lima yang berada dibawah naungan Minor Group, dan kepemilikannya ada dibawah PT. Tiara Inti Mulia. Hotel ini berlokasi di kawasan Uluwatu, Desa Pecatu tepatnya beralamat di Jl. Pemutih, Jl. Labuansait, Pecatu, Kec.Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Hotel ini menawarkan akomodasi mulai dari kamar suite, villa, hingga penthouse dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti restoran, spa, gym, main pool, meeting room, mini theatre, dan beach elevator sebagai akses ke private beach milik hotel. Penyediaan berbagai pelayanan dan fasilitas di hotel membuat hotel memerlukan Sumber Daya Manusia untuk melangsungkan operasionalnya. Salah satu departemen yang berperan penting dalam operasional hotel adalah Front Office karena berperan penting dalam memberikan first impression dan last impression yang baik bagi tamu. Penanganan proses check out menjadi bagian akhir paling penting dalam guest cycle. Pada saat check out, Guest Service Agent berperan penting dalam memberikan kesan terakhir yang menyenangkan bagi tamu, selain itu juga berperan dalam penyelesaian pembayaran tamu atau juga disebut dengan settlement of guest account. Settlement of guest account merupakan kegiatan yang terkait dengan tahap akhir dari guest cycle yang memproses semua tagihan tamu agar semua sudah dipastikan terbayar sebelum tamu check out. Diperlukan penguasaan pemahaman mengenai langkah-langkah yang tepat mengenai penanganan pembayaran, agar nantinya dapat bermanfaat bagi orang-orang dalam menangani metode pembayaran dibagian reception. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kita memproses pembayaran tersebut untuk menghindari terjadinya kesalahan, baik dalam penginformasian jumlah tagihan tamu, kesalahan dalam melakukan transaksi pembayaran maupun kesalahan dalam memposting tagihan tamu di sistem. Tentunya kita tidak menginginkan tamu membayar tagihan yang bukan miliknya karena berdampak pada last impression tamu terhadap hotel atau bahkan ada bill yang tertinggal untuk ditagih pembayarannya. Pentingnya profesionalitas kerja dalam penanganan settlement of guest account pada saat check out akan membantu kelancaran proses check out sehingga semua bill dipastikan sudah terbayar dan dengan ketelitian dalam menangani proses check out maka dapat meminimalisir terjadinya tamu skipper dan lost revenue. Oleh karena itu, maka penulis mengangkat menjadi tugas akhir, dengan judul “Penanganan Settlement of Guest Account Pada Saat Check Out oleh Guest Service Agent di Hotel Anantara Uluwatu Bali Resort “.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Made Dita Ayu Purnama Sari |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 00:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 00:51 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2146 |
Actions (login required)
View Item |