Evaluasi Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (Emp) Dengan Metode Ratio Time Headway (STUDI KASUS: JL.MH. THAMRIN, TABANAN)

Kusuma, Kadek Dion Artha and Yasada, Gede and Salain, Putu Dana Pariawan (2022) Evaluasi Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (Emp) Dengan Metode Ratio Time Headway (STUDI KASUS: JL.MH. THAMRIN, TABANAN). Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_22401_1915113005_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22401_1915113005_0021127001_0018076005_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB)

Abstract

Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (emp) yang tercantum pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) merupakan acuan nilai emp yang bersifat nasional dan masih digunakan hingga saat ini. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan jumlah penduduk yang signifikan serta peningkatan jumlah penggunaan kendaraan menyebabkan nilai emp ini dirasa kurang sesuai jika digunakan dimasa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi nilai emp pada ruas jalan satu arah di Kabupaten Tabanan. Penelitian dilakukan pada Jalan. MH. Thamrin, Tabanan yang merupakan jalan satu arah dengan dua lajur tak terbagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ratio time headway. Data Geometrik didapat dengan melakukan pengukuran manual pada penampang jalan, data volume lalu lintas dan data time headway didapat dengan merekam arus lalu lintas pada jalan MH. Thamrin kemudian dihitung dengan melihat rekaman tersebut. Hasil nilai emp yang didapat kemudian dibandingkan dengan nilai emp pada MKJI 1997. Hasil analisis untuk sepeda motor = 0,51 dan kendaraan berat = 1,23 untuk lajur gabungan, sedangkan pada MKJI 1997 nilai emp sepeda motor = 0,25 dan kendaraan berat = 1,20. Hasil perbandingan nilai emp penelitian dengan nilai emp MKJI 1997, nilai emp kendaraan berat hasil analisis serupa dengan nilai pada MKJI 1997, namun nilai emp sepeda motor hasil analisis memiliki perbedaan yang cukup besar dengan nilai emp pada MKJI 1997.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D3 Teknik Sipil > Tugas Akhir
Depositing User: Kadek Dion Artha Kusuma
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:20
Last Modified: 29 Oct 2022 15:44
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item View Item