Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan PT Telkom Witel Denpasar

Dewi, Dewa Ayu Andhita Setia and Putra, Kadek Dwi Cahaya and Sukayasa, I Nyoman (2022) Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan PT Telkom Witel Denpasar. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744149_Artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (319kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744114_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (71kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Dalam menghadapi persaingan bisnis, disamping untuk meningkatkan penjualan perusahaan juga harus mempertahankan pelanggan yang ada dengan cara menjaga hubungan perusahaan dan pelanggan. Penelitian ini membahas tentang strategi Public Relations pada PT Telkom Witel Denpasar dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Adapun dua pokok permasalahan yang terdapat pada penelitian yaitu: (1) Bagaimana strategi Public Relations dalam mempertahankan loyalitas pelanggan PT. Telkom Witel Denpasar? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dan solusinya dalam melaksanakan Public Relations dalam mempertahankan loyalitas pelanggan PT. Telkom Witel Denpasar?. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Melalui pendekatan penelitian komunikasi, teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Mengikuti prosedur purposive sampling. Sementara teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa strategi Public Relations yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan PT Telkom Witel Denpasar yang ditinjau dari teori PENCILS strategy yaitu Publication, Event, Community Involvement dan Lobbying/Negotiation. Adapun kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi tersebut berasal dari internal dan eksternal perusahaan. Kata Kunci: Strategi Public Relations, Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Dewa Ayu Andhita Setia Dewi
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:24
Last Modified: 07 Oct 2022 07:54
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item