Implementasi Aplikasi Otentikasi Dalam Mempermudah Pengambilan Dana Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Denpasar

Adiyoga, I Ketut Pradita and Wajdi, Majid and Subagiana, I Gede Made (2022) Implementasi Aplikasi Otentikasi Dalam Mempermudah Pengambilan Dana Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713088_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713088_0008126207_0007076012_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (732kB)

Abstract

Pada PT TASPEN ditemukan permasalahan dalam pelayanan pengurusan pensiun yaitu masih terdapat kesalahan dan kurangnya ketelitian dalam menginput data dan pelayanan peserta pensiun, sehingga dalam kepengurusannya membutuhkan waktu yang lama, dan terkadang pelayanan tidak sesuai dengan yang sudah ditetapkan yaitu standar pelayanan dalam 1 jam selesai setelah dokumen diserahkan ke PT TASPEN untuk dilakukan pemrosesan. PT Taspen melakukan inovasi pencairan dana pensiun sebagai upaya untuk menyesuaikan diri dengan tantangan zaman yang serba digital dan mudah. PT Taspen meningkatkan pelayanannya melalui program digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun, salah satunya yaitu otentikasi melalui smartphone yang bisa dilakukan dimana saja.Dalam penelitian ini akan dijelaskan mengenai implementasi aplikasi otentikasi dalam mempermudah pengambilan dana pensiun pada PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Denpasar dengan berdasarkan fakta dan kejadian yang terjadi di dalam perusahaan. Dalam kegiatan pendataan diri, para penerima pensiun akan dilakukan perekaman data biometrik wajah, sidik jari dan suara. Prosesnya bisa dilakukan di kantor bayar masing-masing setiap hari kerja sebagai otentikasi bagi penerima dana pensiun. Jika program Aplikasi Otentikasi ini berhasil nantinya para penerima pensiun tidak perlu lagi mengantri di kantor bayar untuk melakukan pelaporan diri secara periodik atau untuk menerima uang pensiun. Melainkan mereka bisa melakukan otentikasi mandiri dan selanjutnya dapat mengambil uang melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Nantinya para pensiunan akan mendapatkan smart card yang berfungsi sebagai kartu identitas pensiun (KARIP), ATM, dan kartu diskon dibeberapa outlet dan merchandise yang mempunyai perjanjian kerjasama dengan mitra bayar. Dengan adanya Aplikasi Otentikasi Taspen ini dapat mempermudah penerima dana pensiun untuk mendapatkan dana pensiun dikarenakan pensiunan tidak perlu mengantri dalam melakukan otentikasi secara berkala di kantor untuk mencairkan dananya dan pencairan dana pensiun ini dapat dilakukan dimana saja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: I Ketut Pradita Adiyoga
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:54
Last Modified: 29 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item