Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Pada Nandini Jungle Resort & Spa Bali

Putra, I Gede Deny Suryana and Astuti, Ni Nyoman Sri and Nadra, Nyoman Mastiani (2022) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Pada Nandini Jungle Resort & Spa Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_1815834022_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (222kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_1815834022_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (233kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman penerapan pemasaran dalam meningkatkan ting-kat hunian kamar yang sekaligus untuk mengetahui penerapan pemasaran online dalam meningkatkan tingkat hunian kamar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Dengan teknik pengambilan sam-ple berupa purposive sampling yaitu sebanyak 6 orang dari jajaran top management di hotel. Teknik analisis yang digunakan adalah Matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary), Matriks EFAS (External Factors Analysis Summary), Matriks IE (Internal – External), Matriks SWOT, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penerapan pemasaran online yang dijalankan pada Nandini Jungle Resort & Spa Bali. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, terdapat 6 indakator yang menjadi kekuatan dengan 4 indikator yang masih menjadi kelemahan di hotel. Sementara itu, perhitungan matriks EFAS menunjukkan hasil indikator yang menjadi peluang sebanyak 7 dengan 3 indikator yang bisa menjadi ancaman. Hasil penelitian matriks IE menempatkan perusahaan pada posisi Growth (sel V). Sedangkan hasil penelitian dengan matriks SWOT menghasilkan 7 strategi alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan tingkat hunian kamar yang terdiri dari masing-masing 2 strategi SW, ST, WO, dan 1 strategi WT.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Gede Deny Suryana Putra
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:34
Last Modified: 23 Sep 2022 05:34
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item View Item