Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Gustarbrownies

Dewi, Gusti Ayu Made Puspa Satya and Sumetri, Ni Wayan and Widiantara, I Made (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Gustarbrownies. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744026_artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (362kB)
[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744026_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (226kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada usaha Gustarbrownies yang merupakan sebuah UMKM oline yang menjual camilan berupa brownies dan cookies. Fenomena yang terjadi adalah pendapatan penjualan yang tidak stabil dan sering terjadi penurunan secara signifikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pemasaran pada Gustarbrownies dalam upaya meningkatkan penjualan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Gustarbrownies?. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data primer dengan wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi. Penentuan faktor internal dan eksternal menggunakan Matriks EFAS (External Factors Analysis Summary), Matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary) untuk mengetahui posisi Gustarbrownies dan Analisis SWOT yang digunakan untuk merumuskan strategi alternatif. Berdasarkan metode yang digunakan diketahui bahwa posisi usaha Gustarbrownies berada pada kuadran I yang berarti Growth (berkembang) dan strategi yang diperlukan yaitu mendukung pertumbuhan perusahaan yang begitu pesat (growth oriented strategy) dan strategi yang dapat diterapkan adalah SO (Strengths Opportunities) yang merupakan bauran pemasaran 7P terdiri dari : produk; meningkatkan inovasi produk, price; memberikan harga paket bundling atau potongan harga, place; membuka stand atau cabang di lokasi yang strategis, promotion; memanfaatkan media sosial untuk promosi, people; menggunakan jasa seorang influencer untuk memasarkan produk, physical evidence; memasang papan nama usaha, baner, mempercantik packaging box dan paperbag, process; menampilkan proses pembuatan brownies dengan cara live, atau membuat konten.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Gusti Ayu Made Puspa Satya Dewi
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:16
Last Modified: 29 Sep 2022 03:16
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item