Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen PT. SCL Trans Denpasar

Pande, Kadek Indri Berlian Arya and Waciko, Kadek Jemmy and Sukarta, I Wayan (2022) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen PT. SCL Trans Denpasar. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744140_Pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744140_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (653kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan jasa pengiriman terhadap kepuasan konsumen PT. SCL Trans. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dan variabel dependent yaitu kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen atau pengguna jasa pengiriman pada PT. SCL Trans. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji T dan Uji F serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data, hasil menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Dari pengujian hipotesis diketahui bahwa kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif tehadap kepuasan konsumen PT. SCL Trans. Secara parsial juga kelima variable yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen PT. SCL Trans. Dari kelima variable yang berpengaruh tersebut variable Empathy yang paling dominan Kata kunci: kualitas layanan, tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan),responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (kepedulian), kepuasan konsumen.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Kadek Indri Berlian Arya Pande
Date Deposited: 30 Sep 2022 00:07
Last Modified: 30 Sep 2022 00:07
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item