Gangga, Komang Trisna and Wirga, I Wayan and Muderana, I Ketut (2022) Strategi Bisnis E-commerce Pada The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua - Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744151_Artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (251kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744151_Pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (225kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis e-commerce yang tepat dalam meningkatkan tingkat penjualan kamar pada Hotel The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua - Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan analisis SWOT yang terdiri dari Matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary ), EFAS (External Factors Analysis Summary), IE (Internal External) dan Matriks SWOT. Hasil analisis dari matriks IFAS menunjukkan bahwa faktor strategis yang menjadi kekuatan utama pada perusahaan adalah Hotel The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua memiliki jumlah inventory kamar paling banyak dengan luas kamar paling luas di Jalan Bypass Ngurah Rai Mumbul dengan skor 0,28. Sedangkan strategi internal yang menjadi kelemahan utama perusahaan adalah Hotel yang berada dipinggir pantai tetapi tidak memiliki akses untuk menuju kawasan pantai dengan skor 0,15. Secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 3,45 yang menunjukan bahwa posisi internal perusahaan kuat. Hasil analisis matriks EFAS menunjukan bahwa faktor strategis yang menjadi peluang utama perusahaan adalah dekat dengan obyek wisata populer yang berada di kawasan Bali Selatan, sehingga 85% peluang di e-commerce sangat tinggi dapat meraih pelanggan baru dalam waktu yang singkat dengan skor 0,72 dan yang menjadi ancaman utama adalah di kawasan Bypass Ngurah Rai Mumbul banyak terdapat hotel yang sejenis dengan fasilitas yang sama dengan skor 0,33. Dari hasil perhitungan matriks EFAS secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 3,34. yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah mempunyai strategi yang kuat dalam mengantisipasi ancaman eksternal. Hasil pemetaan pada matriks IE memperlihatkan bahwa Divisi Sales Office dalam hal peningkatan pelayanan dan membina membangun pelanggan menempati posisi pelanggan menempati posisi sel I. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada posisi grow and build (tumbuh dan berkembang). Implikasi bagi perusahaan dapat mengetahui posisi perusahaan dan strategi yang dapat dipertahankan dan dikembangkan yang digunakan untuk meningkatkan daya saing. Sedangkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bahwa strategi diterapkan dengan baik akan mempermudahkan tercapainya tujuan perusaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Komang Trisna Gangga |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 03:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 03:21 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2392 |
Actions (login required)
View Item |