Candraningsih, I Gusti Anom Intan and Sumawidari, Ida Ayu Ketut and Solihin, Solihin (2022) Pelayanan Buffet Breakfast pada Era New Normal oleh Pramusaji di Makase Restaurant Hotel Indigo Bali Seminyak Beach. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823068_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1,Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823068_0005077210_0012066215_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Hotel Indigo Bali Seminyak Beach merupakan hotel bintang lima yang berlokasi di Jalan Camplung Tanduk No.10, Seminyak, Bali, Kabupaten Badung, Bali 80361. Hotel Indigo Bali Seminyak Beach merupakan bagian dari IHG Group, IHG merupakan kepanjangan dari Intercontinental Hotel Group. Seperti hotel lain pada umumnya, Hotel Indigo Bali Seminyak Beach memiliki beberapa departemen salah satunya yaitu Food and Beverage Departement merupakan departemen yang bertanggung jawab mengelola makanan dan minuman yang disertakan dengan pelayanan dalam menjalankan tugasnya Food and Beverage Departemen terbagi menjadi dua bagian yang saling tergantung satu sama lain dan harus saling bekerja sama yaitu Food and Beverage Product dan Food and Beverage Service. Adapun ruang lingkup kerjanya yaitu Kitchen, Bar, Room Service dan Restaurant. Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisir secara komersil, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua konsumen baik berupa makanan ataupun minuman. Hotel Indigo Bali Seminyak Beach sendiri memiliki tiga restoran yaitu Salon Bali, Sugarsand dan salah satunya merupakan Makase Restaurant yang menghidangkan Buffet menu untuk breakfast. Setiap Pramusaji dari Makase Restaurant wajib menggunakan hand gloves dan masker saat melayani tamu. Adapun berbagai hidangan menu breakfast di Makase Restaurant antara lain, seperti Continental Breakfast, English Breakfast, American Breakfast, dan Indonesian breakfast. Pada saat era new normal ini Makase Restaurant menerapkan protokol Kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker dan hand sanitizer. Perbedaan mencolok terlihat pada standar operasional pelayanan yang berlaku, jika saat kehidupan normal tamu dapat mengambil 4 makanan dan minuman sendiri tanpa perlu menjaga jarak antara tamu satu dengan yang lainnya, sedangkan pada Era New Normal tamu akan mengantri di depan meja buffet dengan menjaga jarak dan pramusaji akan mengambilkan tamu makanan dan minuman yang diinginkan oleh tamu. Selain itu tamu juga diwajibkan menggunakan masker saat berada di area restoran dan dapat melepasnya saat ingin menyantap makanan dan minuman. Hal inilah yang mendasari penulis untuk Menyusun Tugas Akhir dengan judul "Pelayanan Buffet Breakfast pada era new normal oleh Pramusaji di Makase Restaurant Hotel Indigo Bali Seminyak Beach " untuk berbagi ilmu kepada para pembaca apa saja penanganan yang dilakukan dalam Breakfast buffet pada era new normal di Hotel Indigo Bali Seminyak Beach dan juga berbagi ilmu bagaimana penerapan protokol kesehatandi Makase Restaurant.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Gusti Anom Intan Candraningsih |
Date Deposited: | 24 Sep 2022 08:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2022 08:56 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2413 |
Actions (login required)
View Item |