Sutrisna, Made and Prayustika, Putu and Elfarosa, Ketut (2022) Analisis Penanganan Kredit Macet Di Masa Pandemi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Denpasar Renon. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744034_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744034_198406082015042002._197612032008122001_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (794kB) |
Abstract
Dalam meningkatnya total kredit yang diberikan untuk peminjam, dapat meningkatkan risiko yang dihadapi oleh sektor perbankan. Salah satu jenis kredit yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang dimana masalah yang sering dihadapi oleh bank yaitu kredit macet. Hal tersebut menunjukan bahwa sebelum pandemi dari tahun 2019 ke 2020 mengalami penurunan total NPL sebesar 1,24% dan setelah adanya pandemi pada tahun 2021 meningkat cukup signifikan sebesar 3,16%, dimana jumlah kredit bermasalah tidak konsisten, dibutuhkan analisis untuk menekan angka NPL agar NPL tidak lagi mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Penanganan Kredit Macet Di Masa Pandemi Covid-19 Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Denpasar Renon. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif menggunakan rasio kolektibilitas untuk membandingkan satu atau lebih variabel dalam dua sampel yang berbeda untuk melihat perbandingan klasifikasi kredit bermasalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai NPL pada tahun 2019-2021 masih berada diatas 2% yang menurut Bank Indonesia rasio NPL yang tidak ideal, sehingga kewajiban debitur dalam membayar kredit terhadap bank belum baik. Adapun kendala pada penanganan kredit macet dimasa pandemi yaitu debitur memiliki itikad tidak baik dalam melakukan pembayaran, debitur juga mengalami kesulitan dalam membayar kewajibannya karena berbagai faktor. Apabila perencanaan, pengawasan dan pengelolaan debitur dalam usahanya tidak optimal, sehingga penghasilan debitur mengalami kebangkrutan. Sehingga upaya yang dilakukan oleh bank dengan upaya restrukturisasi kredit dimana akan dibuat perjanjian kredit baru dengan melakukan rescheduling, reconditoning dan restructurisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Made Vhinka Kusumadewi Sutrisna |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 05:29 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 05:29 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2448 |
Actions (login required)
View Item |