Strategi Marketing Mix Dalam Mengoptimalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Utama Denpasar

Saputra, I Putu Ari and Santra, I Ketut and Putra, I Made Ardana (2022) Strategi Marketing Mix Dalam Mengoptimalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Utama Denpasar. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744076_FULL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - bab 1, bab 5 dan referensi)
RAMA_93308_1815744076_0021106703_0031125984_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (636kB)

Abstract

Bank merupakan perusahaan yang memberikan produk berupa jasa. Bank juga merupakan lembaga keuangan yang membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak. Ketatnya persaingan dimasa sekarang mengharuskan Lembaga keuangan untuk membuat strategi baru salah satunya yaitu melalui strategi pemasaran dengan tujuan meningkatkan penjualan untuk memperoleh laba. Pada tahun 2019, KUR belum terrealisasi semaksimal mungkin dan jauh dari target yang telah ditentukan dengan pendapatan sebesar Rp.28,288,000,000, dengan total jumlah 131 debitur, pada tahun 2020 KUR pada Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar melampaui target yang telah ditetapkan sebesar Rp.36,164,000,000, dengan total 231 debitur. Masuk di tahun 2021 realisasi KUR mulai tidak terealisasi dengan target yang di tetapkan dengan pendapatan sebesar Rp.33,836,000,000. Total 259 debitur yang terdaftar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam mengoptimalkan kredit usaha rakyat (KUR) pada PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Utama Denpasar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dengan menerapkan 7p, product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan proces (proses). menunjukan bahwa Product KUR SUMI dan KUR Kecil masih belum melampaui target yang ditentukan dengan persentase -82% dan -26%. Dalam Variabel Price KUR tersebut memiliki tarif bunga 6% tanpa ada biaya administrasi lainnya. Cara melakukan promosi BPD Bali Cabang Utama Denpasar melakukan promosi dengan cara door to door, referral dan media sosial. Pada variabel Place BPD Bali Cabang Utama Denpasar ber tempat ditengah kota Denpasar. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seminar, training yang diselenggarakan oleh bank BPD bali kantor pusat. Bank BPD bali cabang utama denpasar telah menerapkan strategi prosesnya sesuai dengan undang-undang standar prosedur pelaksanaan kegiatan yang ada. Strategi bukti fisik ini tentang produk pembiayaan yang ditawarkan oleh bank BPD Bali cabang utama denpasar berupa jasa yang berwujud dan tidak berwujud.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Putu Ari Saputra
Date Deposited: 29 Sep 2022 23:33
Last Modified: 29 Sep 2022 23:33
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item