Penerapan Inovasi Media Digital Berbasis Multimedia Sebagai Edukasi Pelayanan Kesehatan di BPJS Kesehatan Cabang Denpasar

Suniadewi, Putu Ayu and Supiatni, Ni Nyoman and Dewi, Kadek Cahya (2022) Penerapan Inovasi Media Digital Berbasis Multimedia Sebagai Edukasi Pelayanan Kesehatan di BPJS Kesehatan Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713076_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713076_0031126290_0009098408.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB)

Abstract

Pelayanan Kesehatan menjadi kebutuhan utama yang diperlukan bagi masyarakat saat ini. Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan, maka fungsi pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan dengan memberikan sebuah inovasi kedepannya untuk memberikan kepuasan pasien. Kebutuhan masyarakat yang terus meningkat untuk dirujuk ke rumah sakit membuat setiap rujukan di FKTP terus emngalamai peningkatan. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan edukasi kepada FKTP dengan dibuatkan sebuah inovasi berbasis multimedia yang dikemas melalui video animasi untuk menurunkan kasus angka rujukan di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Adapun teori yang digunakan adalah teori Luther-Sutopo (2018) dengan model pengembangan VINAN (Video Animasi Pelayanan Kesehatan) yakni MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Adapun model pengembangan ini terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengembangan VINAN ini menggunakan perangkat lunak berbasis online yakni Animaker. Pada tahap pertama hingga ketiga menggunakan metodelogi penelitian analisis deskriptif kualitatif. Tahap kelima yaitu pengujian (testing) Evaluasi pada testing menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan VINAN untuk mengedukasi FKTP sangat efektif dilakukan untuk mengedukasi FKTP agar memiliki wawasan terkait tipe – tipe pasien yang berobat ke FKTP. Hal ini dilihat dari perhtiungan dari Sebab berdasarkan hasil kuesioner pengujian VINAN yang mengambil sample sebanyak 50 responden dan dari data tabulasi menunjukkan angka rata- rata yaitu 4,47 sehingga dapat dikategorikan penerapan VINAN ini sangat baik karena mendapat rata-rata lebih besar dari 3,6. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berakitan dengan tipe – tipe pasien dengan memberikan edukasi yang diterapkan melalui inovasi VINAN kepada FKTP di Kota Denpasar dan akan sangat membantu instansi BPJS Kesehatan Cabang Denpasar terkhususnya di bidang Penjamin Manfaat Primer (PMP) untuk mengoptimalkan fungsi FKTP sebagai gatekeeper yang menuntaskan diagnosa pasien dan tidak langsung dirujuk ke rumah sakit. Dengan begitu, dengan adanya VINAN akan menurunkan rasio rujukan FKTP di Kota Denpasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Putu Ayu Suniadewi
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:27
Last Modified: 19 Sep 2022 07:01
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item