Analisis Kepuasan Tamu terhadap Green Housekeeping pada Marriott’s Bali Nusa Dua Gardens

Putra, A.A Dwi Ajusya and Suarja, I Ketut and Susanto, Budi (2022) Analisis Kepuasan Tamu terhadap Green Housekeeping pada Marriott’s Bali Nusa Dua Gardens. Repositori Politeknik Negeri Bali..

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_1815834127_Pernyataan..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93303_1815834127_artikel..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (221kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisa kepuasan tamu terhadap Green Housekeeping di Marriott’s Bali Nusa Dua Gardens. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada wisatawan yang menginap di Hotel Marriott’s Bali Nusa Dua Gardens dengan mengisi google form sebanyak 50 responden. Hasil penelitian dil-akukan dengan cara menguji validitas, reliabilitas, servqual, dan importance performance analysis sudah termasuk da-lam kategori sangat baik. Selain itu, pada sub indikator sudah menerapkan ramah lingkungan seperti sub indikator tan-gible yaitu Green Housekeeping menggunakan bahan hijau dalam mengurangi sampah plastik dengan menggunakan botol kaca bertujuan untuk air mineral yang ada di setiap kamar, maka dapat dinyatakan bahwa pelayanan kepuasan tamu pada green housekeeping sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Dari hasil rekapitulasi kinerja karyawan house-keeping di Marriott’s Bali Nusa Dua Gardens rata – rata yang diperoleh sebesar 60% (harapan) dan 54,92% (persepsi), sedangkan nilai uji validitas memperoleh pada tingkat persepsi sebesar 0,702, kemudian diperoleh tingkat harapan sebesar 0,870 yang dinyatakan data tersebut valid. Selain pada uji reliabilitas tingkat persepsi memperoleh cronbach’s alpha sebesar 0,729 sedangkan tingkat harapan memperoleh cronbach’s alpha sebesar 0,810 maka data tersebut dinya-takan reliable.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika
Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Elektro
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: A.A Dwi Ajusya Putra
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:02
Last Modified: 28 Sep 2022 06:02
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item