Yanti, Ni Luh Trisna and Nadra, Nyoman Mastiani and Solihin, Solihin (2022) Pelayanan Cake Combo Menu Oleh Pramusaji di Movenpick Cafe Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823066_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823066_0025116207_0012066215_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Cake Combo Menu menjadi salah satu paket makanan yang tersedia di Movenpick Cafe. Promosi ini merupakan yang terlaris di Movenpick Cafe dengan penjualan rata-rata 10 – 20 porsi dalam sehari. Paket makanan ini terdiri dari satu minuman (coffee, tea, soft drink, atau healthy juice) dan satu bakery atau cake. Cake Combo Menu juga diminati oleh pengunjung karena pengunjung dapat memilih sendiri jenis Pastry atau Cake serta minuman yang akan dinikmati dengan harga Rp. 50.000/net saja. Pelayanan yang dilakukan untuk menyajikan Cake Combo Menu juga cukup mudah dan simpel baik untuk tamu maupun pramusaji. Dalam melakukan pelayanan terutama dalam melayani tamu yang memesan Cake Combo Menu, ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar pelayanan dapat dilakukan dengan maksimal. Tahapan yang dilakukan diawali dengan persiapan diri dan operasional; tahap pelaksanaan operasional; dan tahap closing. Untuk tahap persiapan diri, seorang pramusaji harus senantiasa bersih, berpenampilan rapi, dan berpakaian sesuai standar operasional yang disediakan oleh hotel. Sedangkan untuk persiapan operasional, seorang pramusaji harus mempersiapkan outlet beserta peralatan yang digunakan ketika jam operasional sudah berlangsung. Beberapa pekerjaan seperti menghidupkan coffee machine, menyiapkan cutleries dan peralatan service, membersihkan rak display, hingga refill barang di outlet. Tahap pelaksanan operasional dimulai ketika jam operasional dimulai. Pada tahap ini, seorang pramusaji dapat melayani pesanan Cake Combo dari tamu sesuai standar operasional yang telah ditetapkan. Pelayanan Cake Combo menu dimulai dari menyambut tamu, mempersilakan tamu untuk duduk, memberikan menu, hingga merekomendasikan tamu untuk memilih Cake Combo menu. Jika tamu setuju untuk memesan Cake Combo menu, maka selanjutnya pramusaji dapat menyiapkan pesanannya sesuai permintaan tamu. selama tamu menikmati menikmati hidangan, pramusaji dapat menanyakan kepuasan tamu dan mengambil piring tamu yang telah kosong dari atas meja. Apabila tamu sudah selesai, maka pramusaji dapat mempersilakan tamu untuk melakukan proses pembayaran. Setelah pelaksanaan operasional selesai, pramusaji bisa bersiap-siap untuk menutup outlet. Pramusaji membersihkan rak display, meja, kursi, dan memastikan jika semua peralatan makan dan minum telah bersih dan di-polish. Selanjutnya, pramusaji membantu cashier untuk closing serving period, closing EDC machine, membuat RVC repot dan menu item summary report. Dalam pelayanan Cake Combo menu, beberapa hambatan bisa saja terjadi dan mengganggu jalannya operasional terutama ketika melayani tamu. beberapa hambatan yang dapat terjadi dalam proses pelayanan Cake Combo menu diantaranya seperti kurangnya komunikasi antar staf terkait persiapan operasional, ukuran bakery yang berbeda-beda, bakery yang habis tidak di-refill oleh Pastry Section, hingga coffee machine yang mati pada saat jam operasional masih berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Luh Trisna Yanti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 00:54 |
Last Modified: | 29 Apr 2023 14:25 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
View Item |