Agustiari, Ni Luh Putu Indah and Widana, I Putu Krisna Arta and Dewi, Ni Wayan Sintya (2022) Penanganan Long Staying Guest Laundry oleh Laundry Attendant di Hotel Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823039_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93402_1915823039_0711018902_0023036309_0013019007_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (537kB) |
Abstract
Bali sebagai pusat pengembangan pariwisata yang diminati banyak wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Hal ini tentunya menjadi salah satu dorongan terhadap pelaku industri hotel untuk menyediakan fasilitas akomodasi bagi mereka yang berkunjung ke Bali. Pada bulan Maret 2020 pariwisata bali mengalami keterpurukan yang menyebabkan pariwisata bali jatuh karena adanya virus covid-19 yang dapat mematikan manusia. Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa merupakan salah satu hotel yang terletak di jalan Pantai Balangan yang terkena dampat dari covid-19, hal tersebut dilihat dari penurunan occupancy tamu yang menginap. Hotel ini memiliki 207 kamar dengan beberapa tipe dan juga beberapa fasilitas. Untuk mengelola segala fasilitas yang ada tentunya terdapat beberapa departemen yang berperan dalam kelancaran operasionalnya. Salah satunya yaitu housekeeping depertment. Housekeeping department memiliki peran dalam memberikan pelayanan yang menyangkut kenyamanan dan kebersihan area hotel. Housekeeping department memiliki beberapa section untuk mendukung kesuksesan tugasnya. Salah satunya yaitu laundry section yang memiliki tugas dalam pencucian segala linen, seragam karyawan. Selain itu laundry section juga menerima jasa pencucian pakaian tamu. Pada hotel Renaissance jika tamu sudah menginap selama satu minggu atau lebih, maka meraka dapat dikategorikan sebagai long stay guest dan akan mendapatkan benefit gratis pencucian untuk 3 pakaian setiap harinya. Dalam memproses pakaian guest para laundry attendant harus teliti dan harus maksimal dalam menangani pakaian tamu mulai dari pengecekan, pencucian hingga proses pembungkusan. Noda-noda yang ada pada pakaian tersebut harus dibersihkan hingga bersih. Hal itu karena tamu tersebut kerap komplain terhadap 4 pencucian yang kurang maksimal dan ada noda pada pakaiannya yang seharusnya tidak ada. Untuk meminimalisir terjadinya komplain para laundry attendant harus melakukan pengecekan dan reporting pada setiap pakaian tamu tersebut. Selain itu seorang laundry attendant harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai jenis kain dan cara pencuciannya, dan juga mengetahui lambang-lambang yang terdapat pada label pakaian. Hal tersebut meminimalisir terjadinya salah proses pencucian maupun salah penggunaan chemical. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka penulis tertarik mengangkat judul “Penanganan Long Stay Guest Laundry Oleh Laundry Attendant di Hotel Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Luh Putu Indah Agustiari |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:08 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2597 |
Actions (login required)
View Item |