Pengembangan Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Sari Amerta Batik Collection

Dewi, Prayascita Purnama Chika and Putra, Kadek Dwi Cahaya and Astariani, Putu Sandra Putri (2022) Pengembangan Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Sari Amerta Batik Collection. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744106_pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (386kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744106_Artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (344kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan analisis SWOT dan rencana pemasaran untuk mendongkrak penjualan produk pada Sari Amerta Batik Collection dan untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi analisis SWOT dalam meningkatkan penjualan pada Sari Amerta Batik Collection. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi secara berkala pada hari-hari tertentu selama 5 bulan mulai pada bulan Maret 2022 hingga Juli 2022. Metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan. Sedangkan analisis SWOT menggunakan matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary) adalah metode analisis yang digunakan. Fasilitas untuk melihat dan merasakan kreasi kain produksi lokal yang dapat menarik minat pengunjung memiliki skor 0,32, menjadikannya aspek strategis yang menjadi kekuatan terbesar perusahaan. Sementara strategi internal yang memiliki skor 0,24 merupakan kelemahan terbesar perusahaan, toko belum memanfaatkan promosi media sosial. mendapat skor akhir 3,03, menunjukkan kekuatan posisi internal perusahaan. Hasil analisis matriks EFAS mengungkapkan bahwa area toko merupakan tujuan wisata produk seni, yang memiliki skor 0,21, dan ancaman utama adalah alokasi biaya promosi yang lebih tinggi dari hasil yang diperoleh dan terjadinya calon pelanggan menolak iklan. , yang memiliki skor 0,24. Organisasi telah memiliki strategi yang baik untuk mengantisipasi bahaya eksternal, sebagaimana dibuktikan dengan skor total 3,01 yang dihitung dari hasil perhitungan matriks EFAS secara keseluruhan. Mengingat posisi perusahaan di kuadran II ditentukan oleh pemetaan dalam analisis SWOT, maka penggunaan kekuatan Sari Amerta Batik Collection melalui strategi diversifikasi (produk/jasa) ditetapkan sebagai tindakan terbaik. Kata kunci : analisis SWOT, matriks IFAS, matriks EFAS

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Prayascita Purnama Chika Dewi
Date Deposited: 29 Sep 2022 23:35
Last Modified: 29 Sep 2022 23:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item