Prosedur Penanganan Surat oleh Sekretaris General Manager pada Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Denpasar

Putra, I Putu Brian Adnyana and Kencanawati, Anak Agung Ayu Mirah and Priyana, I Putu Okta (2022) Prosedur Penanganan Surat oleh Sekretaris General Manager pada Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713109_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713109_0012067204_0018108809_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (693kB)

Abstract

Surat merupakan sarana komunikasi tertulis yang resmi dan efektif digunakan sampai saat ini oleh organisasi atau perusahaan karena surat merupakan bukti tertulis yang otentik. Komunikasi perusahaan yang baik dan efektif dengan pihak internal maupun eksternal didasari dari penanganan surat yang baik dan efisen oleh seorang sekretaris. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan prosedur penanganan surat oleh Sekretaris General Manager pada Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Denpasar. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan sumber datanya terbagi atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini, prosedur penanganan surat yang dilakukan oleh Sekretaris General Manager pada Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Denpasar meliputi prosedur penanganan surat masuk dan prosedur penanganan surat keluar. Tetapi, masih terdapat kendala yaitu kualitas website arsip surat yang terkadang server down jika banyak pengguna yang sedang mengakses sehingga menghambat kinerja sekretaris dalam melakukan penanganan surat. Oleh karena itu, pihak perusahaan sebaiknya meningkatkan kualitas website tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Kesekretariatan
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: I Putu Brian Adnyana Putra
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:40
Last Modified: 29 Sep 2022 06:40
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2647

Actions (login required)

View Item View Item