Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Kerja Sama PT Aerofood Indonesia Unit Denpasar - 80 Degree Laundry & Dry Clean Dengan Customer

Novadani, Chandra and Artatanaya, I Gusti Lanang Suta and Narti, Ni Ketut (2022) Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Kerja Sama PT Aerofood Indonesia Unit Denpasar - 80 Degree Laundry & Dry Clean Dengan Customer. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_63411_1915713045_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_1915713045_0020046804_0031126289_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (981kB)

Abstract

Sebuah perusahaan atau organisasi hampir semua pasti memiliki Standard Operating Procedure (SOP). Dengan adanya Standard Operating Procedure (SOP) dalam sebuah perusahaan akan sangat membantu kinerja karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya, karyawan tidak akan kebingungan akan tugas, hak dan tanggung jawabnya di perusahaan tersebut. PT Aerofood Indonesia Unit Denpasar – 80 Degree Laundry & Dry Clean memerlukan sebuah Standard Operating Procedure (SOP) dalam menjalin kerja sama dengan hotel-hotel atau customer. Standard Operating Procedure (SOP) ini digunakan agar rangkaian prosedur kerja sama jelas, tidak terjadinya salah paham komunikasi antar perusahaan, dan dapat memperlancar proses kerja sama antara kedua perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Kerja Sama PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar – 80 Degree Laundry & Dry Clean dengan Customer. Dalam penelitian ini Teknik pengumulan data yang dipergunakan adalah obeservasi, wawancara dan studi kepustkaan serta menggunakan tenik analisis deskriptif kualitati untuk menjelaskan hasil penelitian mengenai Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Kerja Sama PT. Aerofood Indonesia Unit Denpasar – 80 Degree Laundry & Dry Clean dengan Customer. Adapun hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisi bagaimana alur kerja sama perusahaan dan kendala apa saja yang terjadi sebelum adanya prosedur yang jelas terkait dengan proses kerja sama dengan customer dan juga menghasilkan perancangan prosedur terkait dengan proses kerjasama perusahaan dengan customer. Kata kunci : Standard Operating Procedure, Kerja Sama, Perancangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Chandra Novadani
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:33
Last Modified: 29 Sep 2022 08:33
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item