Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Hunian Kamar pada jambuluwuk Oceano Seminyak Hotel

Pratiwi, Ni Luh Putu Rika and Sudiarta, Made and Susyarini, Ni Putu Wiwiek Ary (2022) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Hunian Kamar pada jambuluwuk Oceano Seminyak Hotel. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834052_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834052_0025116207_0004037205_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus merumuskan strategi yang tepat dilakukan oleh Jambuluwuk Oceano Seminyak Hotel, dengan mengidentifikasi kekuatan, sekaligus melihat kelemahan, peluang, dan tantangan melalui 4 variabel internal, dan 4 variabel external. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner secara purposive sampling, teknik dokumentasi, studi pustaka, dan penyebaran kuesioner. Data Kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembobotan dan rating matriks IFAS, EFAS dan Matrik IE. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dari Jambuluwuk Oceano Seminyak Hotel yang berkaitan langsung mengenai pemesanan kamar dan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan 10 responden. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, yang menjadi kekuatan utama adalah Ketepatan saat melayani setiap permintaan tamu, Pesan promosi dapat diterima dengan jelas oleh konsumen, sedangkan kelemahan utama yaitu pada area parkir yang cukup luas. Berdasarkan hasil analisis matriks EFAS, diketahui bahwa yang menjadi peluang utama adalah pengimplementasian protokol kesehatan pada masa pandemi, penyesuaian harga kamar, perkembangan teknologi informasi, serta kesiagaan pihak hotel dalam penanganan bencana alam, sedangkan ancaman utama yang dihadapi adalah kesigapan pihak hotel dalam mengatasi kerusakan akibat kondisi alam. Hasil penelitian matriks IE, menempatkan perusahaan berada posisi Growth (sel 1) yang menunjukkan bahwa strategi perusahaan berada di pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal dan harus dipertahankan. Analisis SWOT menghasilkan strategi yang diharapkan dapat diterapkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Rika Pratiwi
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:00
Last Modified: 27 Sep 2022 07:00
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item