Penerapan Analisis Cost Volume Profit (CVP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Pabrik Roti Tawar Bandung)

Aini, Baiq Nurul and Sudiartha, I Ketut and Suta, I Wayan Purwanta (2022) Penerapan Analisis Cost Volume Profit (CVP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Pabrik Roti Tawar Bandung). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644072_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644072_0017076010_0031125884_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui target break even penjualan roti, target penjualan dengan peningkatan laba sebesar 23% dari tahun sebelumnya, dan margin of safety penjualan pada Tahun 2022 di Pabrik Roti Tawar Bandung. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Cost Volume Profit. Data yang digunakan dalam analisis ini yaitu laporan laba rugi Tahun 2021, harga jual produk, volume penjualan Tahun 2021, dan biaya selama proses produksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun langkah – langkah yang ditempuh untuk melakukan analisis ini, yaitu pengumpulan data- data, penggolongan biaya berdasarkan perilakunya, pemisahan biaya semi variabel, menghitung kontribusi margin, break even multi produk, perencanaan penjualan dan laba, dan menghitung margin of safety. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penjualan yang harus dicapai untuk berada pada kondisi impas adalah Rp 309.345.206 atau 51.116 unit roti. Untuk Roti Tawar sebesar Rp 187.047.557 (37.410 unit), Roti Toast sebesar Rp 102.421.248 (11.380 unit), Roti Bagelen sebesar Rp 3.312.357 (662 unit), Roti Burger sebesar Rp 7.824.386 (869 unit), dan Roti Hotdog sebesar Rp 8.739.658 (795 unit). Rencana penjualan dengan peningkatan laba 23% atau Rp 252.495.648 dari penjualan Tahun 2021, yaitu sebesar Rp 991.253.251 atau 163.794 unit roti. Untuk Roti Tawar sebesar Rp 599.367.617 (119.874 unit), Roti Toast sebesar Rp 328.194.500 (36.466 unit), Roti Bagelen sebesar Rp 10.613.984 (2.123 unit), Roti Burger sebesar Rp 25.072.146 (2.786 unit), dan Roti Hotdog sebesar Rp 28.005.005 (2.546 unit).Tingkat margin of safety yang harus dicapai oleh Pabrik Roti Tawar Bandung pada Tahun 2022 sebesar 68,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Baiq Nurul Aini
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:36
Last Modified: 29 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2934

Actions (login required)

View Item View Item