Sudarmika, I Putu Adi and Harisal, Harisal and Pamularsih, Tyas Raharjeng (2022) Penanganan Barang Bawaan Tamu Group Saat Check-in di Novotel Bali Nusa Dua Hotels & Recindences. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (full Text)
RAMA_93402_1915823138_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Cover- Bab1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823138_0026106308_0015078501_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Novotel Bali Nusa Dua Hotels & Residences memiliki beberapa department seperti Front Office Department, F&B Department, Housekeeping Department, Sales and Marketing Department, Human Resource Department, accounting Department, personalia atau HRD Department, engineering Department, Marketing Department, Purchasing Department, Security Department. Front Office department adalah departemen yang berada di depan tepatnya berada di daerah sekitar lobby yang bertugas dalam hal penjualan dan pemesanan kamar. Barang bawaan tamu yang sering ditangani oleh Bellboy adalah barang bawaan tamu group. Tamu Group yaitu rombongan wisatawan yang melakukan perjalanan secara bersamaan dalam suatu package tour. Biasanya tamu jenis ini melakukan perjalanan dengan perantara Travel Agent. Dalam menangani barang bawaan tamu group, Bellboy memiliki tugas menerima barang bawaan tamu group yang terlebih dahulu sampai di Hotel, kemudian Bellboy menurunkan barang bawaan tamu dan menaruh di tempat yang sudah disediakan. Setibanya tamu di Hotel Bellboy menanyakan barang bawaan tamu masing-masing, selanjutnya mengisi luggage tag dan digantungkan di masing-masing barang bawaan tamu yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan, dalam menangani barang bawaan tamu perorangan, Bellboy langsung menurunkan barang bawaan tamu tanpa harus menanyakan lagi kepada tamu yang mana barang bawaannya, karena barang yang datang tersebut bersamaan dengan tamu. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penanganan barang bawaan tamu tamu group lebih memiliki kesulitan dan harus teliti agar barang bawaan tamu tidak tertukar dengan barang bawaan tamu yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Putu Adi Sudarmika |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:31 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3004 |
Actions (login required)
View Item |