Strategi Relationship Marketing pada Layanan Total Baggage Solution di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Puspadewi, Sang Ayu Made Ari and Dewi, Nyoman Indah Kusuma and Rumini, Ni Luh Putu Inten (2022) Strategi Relationship Marketing pada Layanan Total Baggage Solution di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744066_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744066_0029096404_0010106214_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Layanan Total Baggage Solution di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Relationship Marketing yang dapat diterapkan pada layanan Total Baggage Solution. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara bersama 2 orang narasumber, kuesioner untuk rating dan pembobotan dengan jumlah responden sebanyak 15 orang yang terdiri dari karyawan layanan Total Baggage Solution serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary), matriks EFAS (External Factors Analysis Summary), matriks IE (Internal-External), dan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats), dan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan hasil analisis QSPM dari dua belas alternatif strategi yang berasal dari hasil matriks SWOT adapun diperoleh hasil strategi yang diprioritaskan yaitu strategi pertama dengan skor TAS sebesar 7.86 yaitu memperluas kerjasama dengan berbagai pihak baik hotel maupun perusahaan yang memerlukan layanan baggage handling, strategi kedua dengan skor TAS sebesa 7.83 yaitu meningkatkan pelayanan yang baik dan hubungan jangka panjang dengan konsumen dan memberikan harga yang kompetitif dan terjangkau serta sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan, dan strategi prioritas terakhir adalah mengoptimalkan komunikasi dengan konsumen sehingga dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen serta mendapatkan kepercayaan dari konsumen dengan nilai TAS sebesar 7.71.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Sang Ayu Made Ari Puspadewi
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:19
Last Modified: 29 Sep 2022 09:19
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item