Penanganan Check In Long Stay Guest oleh Receptionist di Jambuluwuk Oceano Seminyak Hotel Bali

Putri, Ni Kadek Arvin Berliana and Ruki, Made and Sumawidari, Ida Ayu Ketut (2022) Penanganan Check In Long Stay Guest oleh Receptionist di Jambuluwuk Oceano Seminyak Hotel Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823161_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823161_0006106208_0005077210_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial yang menggunakan seluruh atau sebagian bangunan untuk menyediakan jasa tempat tinggal dan pelayanan makanan dan minuman, serta jasa lainnya yang diberikan untuk memuaskan keinginan tamu. Hotel Jambuluwuk Oceano Seminyak Bali merupakan salah satu hotel bintang lima yang bertaraf internasional, kepuasan tamu merupakan tujuan utama dari hotel ini. Letaknya yang strategis dekat dengan pusat perbelanjaan dan mudah ditemui oleh banyak orang menjadi nilai tambah bagi hotel ini. Kualitas pelayanan yang baik juga terus ditingkatkan untuk mendapatkan kesan yang bagus dari tamu yang datang setiap harinya. Salah satunya pada departemen front office yang juga diwajibkan untuk selalu siap memberikan pelayanan yang baik bagi tamu, seperti melayani tamu, memiliki penampilan yang rapi, pengetahuan yang baik dalam memberikan informasi pada tamu, juga keahlian untuk menangani berbagai macam tamu di hotel.Pada hotel Jambuluwuk Oceano Seminyak Bali tamu yang menginap dalam jangka waktu lebih dari 7 (tujuh) hari atau 7 (tujuh) malam disebut long stay guest dan akan diberikan pelayanan yang lebih spesial yaitu mendapatkan fruits plater dan welcome letter. Perlakukan ini diberikan selain untuk mempertahankan kualitas pelayanan juga untuk menjadi acuan awal agar tamu tersebut merasa nyaman selama tamu menginap di hotel. Pada umumnya penanganan check in dilakukan tidak lebih dari 3 menit, agar tamu tidak perlu menunggu terlalu lama pada saat registrasi. Penanganan check in long stay guest juga berbeda dengan penananganan check in regular guest, dikarenakan seorang receptionist perlu untuk mengisi complimentary form terlebih dahulu untuk memesan fruits plater kemudian mengantarkannya pada pihak food & beverage service dan product yang kemudian akan diberikan khusus hanya untuk long stay guest dan VIP guest. Oleh karena itu, penanganan yang diberikan pada saat check-in long stay guest juga perlu ketelitian bagi receptionist. Hal ini dikarenakan, receptionist harus mengetahui satu hingga dua hari sebelum tamu melakukan check-in. Sehingga pada saat long stay guest melakukan check-in, receptionist dapat siap melayani tamu dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Kadek Arvin Berliana Putri
Date Deposited: 10 Sep 2022 07:13
Last Modified: 10 Sep 2022 07:13
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item