Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi General Affairs (GA) Dalam Mendukung Kualitas Pelayanan Operasional Di ITDC The Nusa Dua

Latutuapraya, Munisa Az - Zhara and Santra, I Ketut and Marhaeni, Kadek Eni (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi General Affairs (GA) Dalam Mendukung Kualitas Pelayanan Operasional Di ITDC The Nusa Dua. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744112_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744112_0021106703_0014036206_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Aplikasi General Affair(GA) merupakan Aplikasi yang disediakan oleh divisi General Affair sebagai perpanjangan tangan untuk melayani permintaan rutin kebutuhan operasional di seluruh pegawai internal ITDC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan operasional Aplikasi GA ITDC The Nusa Dua guna mengetahui atribut pelayanan yang membutuhkan prioritas utama dalam perbaikan agar dapat merumuskan strategi perbaikannya. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai internal dan menggunakan sampel insidental sehingga sample berjumlah 14 pegawai internal. Metode analisis data yang digunakan adalah statistis deskriptif, Service Quality (SERVQUAL), Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan jenis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan belum keseluruhan memuaskan dengan nilaitingkat kesesuaian 97%, nilai rata‐rata kinerja dan harapan sebesar 3,89 dan 3,96 nilai gap sebesar ‐0,57 serta tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan sebesar 76,7% berarti puas. Atribut pelayanan yang membutuhkan perbaikan yakni dimensi tangible dan dimensi responsive‐ ness. Strategi yang dirumuskan meliputi, menerapkan program sosialisasi sesuai dengan Standard Operating Procedures (SOP), serta diperlukan adanya improvement pada Aplikasi guna memperbaiki fisik (interface) Aplikasi GA yang kemudian akan memudahkan pega‐ wai internal dalam penggunaan layanan Aplikasi GA, agar informasi Aplikasi GA tersampaikan secara menyeluruh sehingga seluruh peg‐ awai dapat menggunakan Aplikasi GA sesuai alur yang ada pada SOP dan Aplikasi GA pun dapat menjadi salah satu Aplikasi handal. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Aplikasi GA, Service Quality (SERVQUAL), Importance Performance Analysis(IPA) dan Customer Satis‐ faction Index (CSI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Munisa Az-Zhara Latutuapraya
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:56
Last Modified: 29 Sep 2022 09:56
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item