Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Room Night Occupancy Di Hotel The Jayakarta Bali Beach Resort Residences and Spa

Adnyasari, Ni Putu Ayu Inten and Prayustika, Putu Adriani and Putrana, I Wayan (2022) Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Room Night Occupancy Di Hotel The Jayakarta Bali Beach Resort Residences and Spa. Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744104_PERNYATAAN PLAGIARISME.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text
RAMA_93308_1815744104_ARTIKEL.pdf

Download (330kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Dalam masa pandemi Covid-19 ini strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting untuk di lakukan. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif melalui pemanfaatan peluang yang ada untuk meningkatkan penjualan diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi hotel di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai untuk diimplementasikan oleh The Jayakarta Bali Beach Resort Residences and Spa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada Internal Faktor Analysis Summary (IFAS) dengan skor 3,14. Pada External Faktor Analysis Summary (EFAS) jumlah skor 3,13. Hasil diagram SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan terletak pada kuadran 1 (satu) maka strategi yang harus diterapkan oleh objek yang berada pada kuadran 1 (satu) yaitu Growth Oriented Strategy. Berarti memiliki kompetitif yang kuat. Cara yang tepat yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah dengan melalui pendekatan sumber daya internal dan eksternal seperti misalnya pengembangan usaha dengan mengembangkan dan memperluas usaha secara focus melalui strategi promosi yang fokus melakukan upaya-upaya mengkontrol kualitas produk, mengkontrol kualitas dari fasilitas-fasilitas di hotel, distribusi produk dan meminimalkan biaya serta operasi yang tidak efisien. Sehingga alternatif strategi yang dapat digunakan dalam matriks SWOT adalah Strategi (WO) Weakneses Opportunities Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Growth Oriented Strategy, Strategi (WO) Weakneses Opportunities.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Publikasi
Depositing User: Ni Putu Ayu Inten Adnyasari
Date Deposited: 29 Sep 2022 23:46
Last Modified: 08 Oct 2022 00:46
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item View Item