Putra, I Gde Agus Mahendra and Arjana, I Wayan Basi and Susanto, Budi (2022) Model Penerapan Sustainable Event dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Event pada PT Melali MICE. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93303_1815834080_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (240kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93303_1815834080_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (513kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang model penerapan sustainable event dalam upaya meningkatkan penjualan event pada PT Melali MICE. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sustainable event dalam upaya meningkatkan penjualan event padaPT Melali MICE dan untuk mengetahui indikator sustainable event yang perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan penerapannya dalam upaya meningkatkan penjualan event pada PT Melali MICE. Metode penggumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informen kunci dalam penelitian ini adalah memilih orang yang memiliki informasi tentang perusahaan dan yang terjun langsung ke lapangan guna mendapatkan informasi yang akurat, dan informen kunci pada penelitian ini adalah supervisor sale and marketing. Informasi yang didapatkan kemudian diolah sebagai berikut: Penentuan rating berdasarkan hasil dari penilaian penerapan indikator sustainable event yang terbagi menjadi 8 dimensi pada PT Melali MICE mendapatkan bobot nilai yang dikategorikan menjadi 3 yaitu rating bronze, rating silver, dan gold yang beracuan pada Jurnal dari Tim PKM Politeknik Negeri Bandung Bersama ASPERAPI DPD Jawa Barat Berdasarkan kajian terhadap konsep sustainability dalam UNWTO Global Code Ethics of Tourism, SDGs, Protokol Kesehatan WHO dan Peraturan Kepariwisataan Indonesia (Any Ariani Noor & Sri Hastuti, 2020). Berdasarkan penentuan rating, PT Melali MICE mendapatkan rating silver yang berarti bahwa sustainable event pada PT Melali MICE diterapkan secara parsial, kemudian dilanjutkan dengan perbandingan penjualan event sebelum dan setelah penerapan sustainable event dimana mengalami peningkatan sebesar 17% yang diperoleh menggunakan persentase kenaikan, yang berarti penerapan sustainable event dapam upaya meningkatkan penjualan event pada PT Melali MICE berhasil dengan asumsi bahwa semua aspek berjalan selaras. Kata Kunci: Sustainable Event, Meningkatkan penjualan, Event
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Gde Agus Mahendra Putra |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 04:25 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 04:25 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3134 |
Actions (login required)
View Item |